Hapsari, Andita Ayu (2022) Analisis Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Agribisnis Secara Online (Studi Kasus Pada Akun Facebook Aisah Nurul Sahrom Harahap di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
G021171512_skripsi_01-11-2021 cover1.png
Download (171kB) | Preview
G021171512_skripsi_01-11-2021 1-2.pdf
Download (882kB)
G021171512_skripsi_01-11-2021 dp.pdf
Download (449kB)
G021171512_skripsi_01-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Perkembangan teknologi internet berpengaruh terhadap dunia bisnis. Banyaknya e-commerce yang menjual berbagi jenis produk, salah satunya produk agribisnis, membuat pembelian secara online menjadi sebuah tren bagi konsumen. Aisah Nurul Sahrom Harahap merupakan akun facebook yang menjual produk agribisnis secara online di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian produk agribisnis secara online serta faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk agribisnis secara online di akun facebook Aisah Nurul Sahrom Harahap. Data diperoleh dari 50 responden dengan metode purposive sampling dan dianalisis secara kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan mengenai karakteristik konsumen serta proses keputusan pembelian. Metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar hubungan faktor-faktor yang memengaruhi pembelian konsumen secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen pada akun facebook Aisah Nurul Sahrom Harahap didominasi oleh perempuan yang berusia 26-35 tahun, pendidikan terakhir perguruan tinggi, pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil, pendapatan per bulan kurang dari Rp2.000.000,00 serta jumlah tanggungan keluarga sebanyak 3-5 orang. Proses keputusan pembelian terdiri atas pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Faktor-faktor yang memengaruhi dalam melakukan pembelian produk agribisnis secara online pada akun facebook Aisah Nurul Sahrom Harahap yang berpengaruh signifikan dan positif terdapat 4 faktor yaitu harga, kenyamanan, efisiensi, dan kepercayaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 01:20 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 01:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12440 |