Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pegawai Distrik Di Kabupaten Boven Digoel = The Effect of Organizational Culture on Organizational Commitment, Job Satisfaction and Performance of District Employees in Boven Digoel Regency


Kirimanop, Martinus (2021) Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pegawai Distrik Di Kabupaten Boven Digoel = The Effect of Organizational Culture on Organizational Commitment, Job Satisfaction and Performance of District Employees in Boven Digoel Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012182059_tesis1.png COVER.png

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012182059_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012182059_tesis.pdf DP.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012182059_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Martinus Kirimanop. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Pegawai Distrik Di Kabupaten Boven Digoel. (Dibimbing oleh Cepi Pahlevi dan Fauziah Umar).
Tujuan penelitian yakni untuk mengeksplorasi dan mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja pegawai secara langsung dan tidak langsung (pengaruh mediasi).
Analisis data bersifat pada penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan model analisis jalur (Path) yakni suatu teknik untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang tejadi pada regresi berganda jika variabel bebasnya mempengaruhi variabel tergantung tidak hanya secara langsung tetapi juga secara tidak langsung dengan bantuan Software Smart PLS versi 3.2.8 untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan yaitu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat maupun hubungan indikator diantara tiap variabel bebas.
Hasil penelitian menemukan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisai, Budaya organisasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja; Budaya organisasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai; Komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai; Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Untuk pengujian pengaruh tidak langsung ditrmukan fakta empiris bahwa budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai jika dimediasi oleh komitmen organisasi. Adapun Budaya organisasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pegawai jika dimediasi oleh kepuasan kerja.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kepuasan kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:39
Last Modified: 18 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12370

Actions (login required)

View Item
View Item