STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM SEKTOR PARIWISATA KOTA PAREPARE


Syah, Firman (2021) STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM SEKTOR PARIWISATA KOTA PAREPARE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A012181044_tesis cover1.png

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A012181044_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A012181044_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A012181044_tesis.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal serta strategi peningkatan daya saing UMKM sektor pariwisata Kota Parepare. Penelitian dilaksanakan di Kota Parepare. Jumlah sampel sebanyak 30 pengelola UMKM sektor pariwisata dan 6 orang narasumber dibidang industri pariwisata Kota Parepare. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan pendekatan kualitatif secara deskriptif dengan analisis SWOT dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan, Skor tertinggi pada faktor kekuatan yaitu sistem pemesanan kamar berbasis teknologi, kualitas bahan baku dan ciri khas produk lokal. Faktor kelemahan yaitu tidak memiliki sertifikasi usaha pariwisata, harga produk kurang terjangkau dan minimnya penggunaan alat teknologi. Faktor peluang yaitu Sinergitas antar pengusaha hotel, peningkatan wisatawan dan pengembangan lokasi pemasaran. Faktor ancaman yaitu persaingan kepariwisataan antar daerah, banyaknya produk olahan sejenis dan persaingan produk impor. Hasil metode AHP menunjukkan prioritas tingkatan kriteria untuk mencapai fokus utama yaitu, faktor yaitu Sumberdaya manusia, Level aktor yaitu Dinas Tenaga Kerja. Level tujuan prioritas yaitu, kualitas dan produktivitas UMKM pariwisata. Alternatif strategi prioritas yang diterapkan adalah membentuk wadah pelatihan bagi UMKM sektor pariwisata, memanfaatkan pelatihan dan bantuan alat produksi, dan pengembangan paket wisata dan teknologi digital, sehingga akan berdampak pada peningkatan daya saing UMKM sektor pariwiwsata kota Parepare.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:54
Last Modified: 11 Jan 2022 01:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item
View Item