ANALISIS PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP ACTUAL SYSTEM USAGE MELALUI ATTITUDE TOWARD USING (Studi Pada Pengguna Aplikasi Ruangguru Di Kota Makassar) = ANALYSIS OF PERCEIVED USEFULNESS AND EASE OF USE TO THE ACTUAL SYSTEM USAGE THROUGH ATTITUDE USING ONLINE GUIDANCE APLLICATION (A Study on the Online Tutoring Application Ruangguru in Makassar)


Islami, Muhammad Mitsal (2021) ANALISIS PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP ACTUAL SYSTEM USAGE MELALUI ATTITUDE TOWARD USING (Studi Pada Pengguna Aplikasi Ruangguru Di Kota Makassar) = ANALYSIS OF PERCEIVED USEFULNESS AND EASE OF USE TO THE ACTUAL SYSTEM USAGE THROUGH ATTITUDE USING ONLINE GUIDANCE APLLICATION (A Study on the Online Tutoring Application Ruangguru in Makassar). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012182011_tesis1.png cover.png

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012182011_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012182011_tesis.pdf dp.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012182011_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap actual system usage melalui attitude toward using pada aplikasi bimingan belajar online Ruangguru di Kota Makassar. Penelitian ini mengambil data secara langsung dari siswa yang berlangganan aplikasi Ruangguru dengan menjadikan 247 siswa SMA dan sederajat sebagai sampel dalam penelitian ini. Untuk mengimplementasikan tujuan dari penelitian ini digunakan Teknik analisis menggunakan analisis jalur (Path analysis). Hasil analisis membuktikan bahwa perceived usefulness (X1) dan perceived ease of use (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using (Z) pada aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru. Sementara itu, perceived usefulness (X1), perceived ease of use (X2), dan attitude toward using (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual system usage (Y) pada aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru. Berdasarkan hasil uji sobel, attitude toward using mampu memediasi pengaruh antara perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap actual usage pada aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru.
Keywords : perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, actual usage

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jan 2022 03:40
Last Modified: 15 Jan 2022 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12157

Actions (login required)

View Item
View Item