ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN, KESEHATAN DAN KARAKTERISTIK KARYAWAN APRON DI BANDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR = ANALYSIS OF ENVIRONMENTAL FACTORS, HEALTH AND CHARACTERISTICS OF APRON EMPLOYEES AT SULTAN HASANUDDIN AIRPORT MAKASSAR


Syafitri, Nurul Mawaddah (2022) ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN, KESEHATAN DAN KARAKTERISTIK KARYAWAN APRON DI BANDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR = ANALYSIS OF ENVIRONMENTAL FACTORS, HEALTH AND CHARACTERISTICS OF APRON EMPLOYEES AT SULTAN HASANUDDIN AIRPORT MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012192021_tesis cover1.jpg

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012192021_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012192021_tesis dapus-lamp.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
K012192021_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Apron adalah salah satu sisi udara atau tempat di bandar udara yang difungsikan untuk menempatkan pesawat udara. Risiko bahaya yang dihadapi karyawan Apron cukup besar mulai dari proses kerja, alat kerja dan lingkungan kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis awal terhadap faktor lingkungan, kesehatan dan karakteristik karyawan Apron.
Sebuah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Jumlah responden sebanyak 67 orang dari 176 total karyawan Apron PT Gapura Angkasa Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS dan Soundplan 8.2 untuk membuat mapping hasil pengukuran variabel kebisingan.
Hasil penelitian menunjukkan dari faktor lingkungan untuk tingkat bising berisiko ada pada area pesawat Boeing-737 dan ATR PK-GAM serta iklim kerja panas rata-rata di area Apron diatas Nilai Ambang Batas. Terdapat gangguan pendengaran dan peningkatan denyut nadi karyawan Apron dari sebelum dan setelah bekerja. Kategori karakteristik responden paling banyak pada umur 26-35 tahun, lulusan SMA/SMK, masa kerja lama, lama kerja tidak memenuhi syarat, IMT normal dan penggunaan APD tidak lengkap serta risiko kerja paling berisiko berasal dari proses loading/unloading. Kepada karyawan Apron agar disiplin mengikuti protokol atau pedoman kerja aman yang ditetapkan serta menggunakan alat pelindung diri dengan lengkap.
Keywords = Apron, lingkungan, kesehatan, risiko kerja, deskriptif

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:55
Last Modified: 12 Jan 2022 04:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item
View Item