GAMBARAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2021


SHAFIRA, ANNISA LUTFIA FRIDA (2021) GAMBARAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171552_skripsi cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171552_skripsi bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171552_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
K011171552_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

ANNISA LUTFIA FRIDA SHAFIRA. “Gambaran Employee Engagement di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2021”
Kualitas pelayanan sebuah rumah sakit tidak hanya ditentukan dari SDM yang berkompeten di bidangnya, namun harus memiliki rasa keterikatan yang kuat dengan organisasi dan pekerjaannya atau yang sering disebut employee engagement. Data dari Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2020 menunjukkan bahwa persentase kepuasan dan kinerja karyawan tidak mencapai target yang telah ditentukan. Kedua hal ini dapat menjadi dampak dari tingkat employee engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran employee engagement di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Juli 2021. Metode pengambilan sampel adalah proportional quota sampling dengan besar sampel sebanyak 228 orang. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner baku employee engagemet yaitu Utrecht Work Engagement Scale (UWES-17). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan penyajian data berupa tabel disertai dengan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat employee engagement di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor secara keseluruhan 4.46. Sedangkan untuk aspek vigor menunjukkan rata-rata skor 4.53 berada pada kategori sedang, aspek dedication menunjukkan rata-rata skor 4.92 berada pada kategori tinggi dan aspek absorption menunjukkan rata-rata skor 4.01 berada pada kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini bahwa dari tiga aspek employee engagement hanya satu aspek dengan kategori tinggi, sedangkan aspek lainnya berada pada kategori sedang sehingga hasil akhir menunjukkan tingkat employee engagement di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin berada pada kategori sedang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti salah satunya adalah disarankan kepada manajemen subjek penelitian untuk mengadakan survey rutin terkait tingkat employee engagaement agar selalu terpantau sehingga jika terjadi penurunan dapat segera di evaluasi lebih lanjut.
Kata Kunci : Employee Engagement, Aspek, UWES, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jan 2022 00:23
Last Modified: 06 Jan 2022 00:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/12041

Actions (login required)

View Item
View Item