Penambahan dimple konfigurasi sejajar untuk pengurangan hambatan aerodinamis pada model kendaraan


Ahmad Dwi Putra, Muhammad Chatib (2020) Penambahan dimple konfigurasi sejajar untuk pengurangan hambatan aerodinamis pada model kendaraan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21115002_skripsi_22-09-2020_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D21115002_skripsi_22-09-2020_1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D21115002_skripsi_22-09-2020_Daftar Pustaka dan lamp.(FILEminimizer).pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21115002_skripsi_22-09-2020(FILEminimizer) .............................. ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan di laboratorium mekanika fluida fakultas teknik Universitas Hasanuddin. Tujuan penelitian ini membahas tentang pengaruh dimple dengan konfigurasi sejajar terhadap pengurangan hambatan aerodinamis pada model kendaraan. Yang menjadi objek penelitian adalah modifikasi Ahmed body dengan skala 1:6. Modifikasi yang dimaksud berupa perubahan arah aliran serta memiliki kemiringan bodi depan 25°. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan komputasi dengan memanfaatkan fasilitas program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan divalidasi melalui pengujian eksperimental dengan menggunakan fasilitas laboratorium mekanika fluida yaitu Sub-sonic wind tunnel. Untuk metode komputasi data yang diperoleh berupa karakteristik aliran koefisien drag dan koefisien tekanan. Sedangkan untuk pengujian eksperimental hanya fokus pada upaya untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Kecepatan upstream yang digunakan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, dan 22.2 m/s dan menggunakan kontrol pasif dengan dimple konfigurasi 1 baris sejajar dengan rasio masing-masing 0.20, 0.25, 0.50, dan 0.75 Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan kontrol pasif berupa dimple mampu mengurangi pembentukan olakan. Meningkatkan distribusi tekanan pada dinding bagin belakang model kendaraan dan mampu mereduksi hambatan aerodinamis tertinggi sebesar 10.1476% untuk pendekatan komputasi dan 8.1930% untuk pendekatan eksperimen.
Kata kunci : CFD, Separasi aliran, Karakteristik aliran, Cp, Cd Kontrol pasif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CFD, Separasi aliran, Karakteristik aliran, Cp, Cd Kontrol pasif
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:39
Last Modified: 14 Dec 2020 06:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item
View Item