Analisis Kekuatan Kantilever Sebagai Penumpu Rel Hatch Cover


Al-qadri, Wardi (2021) Analisis Kekuatan Kantilever Sebagai Penumpu Rel Hatch Cover. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D031171002_skripsi_08-12-20211.png COVER.png

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D031171002_skripsi_08-12-2021.pdf 1-2.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D031171002_skripsi_08-12-2021.pdf DP.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D031171002_skripsi_08-12-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimanakah letak komponen konstruksi yang paling kritis saat mengalami pembebanan dan bagaimana respon kekuatan balok kantilever pada struktur kantilever terhadap posisi roda penutup palka saat mengalami pembebanan. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi numerik pada model struktur kantilever menggunakan memetode elemen hingga dengan bantuan software ANSYS Workbench. Dari hasil penelitian, deformasi dan tegangan maksimum pada struktur terjadi pada saat posisi roda tengah hatch cover berada diantara dua balok kantilever, titik deformasi maksimum berada pada daerah sekitar kontak roda tengah hatch cover dengan nilai deformasi sebesar 2,383 mm. Sedangkan nilai tegangan maksimum yang terjadi adalah 131,4 MPa. Ditemukan juga bahwa posisi roda penutup palka berpengaruh terhadap besarnya nilai tegangan dan deformasi yang terjadi pada balok kantilever. Nilai tegangan dan deformasi maksimum pada balok kantilever terjadi ketika roda tengah penutup palka berada tepat di atasnya dan menurun saat roda hatch cover bergerak menjauh dari balok kantilever. Dapat dilihat bahwa deformasi maksimum balok kantilever 1 adalah 2,081 mm dan balok kantilever 2 adalah 1,998 mm. Nilai tegangan von-mises maksimum pada balok kantilever 1 sebesar 116,01 MPa dan balok kantilever sebesar 128,01 MPa serta nilai tegangan geser maksimum XZ pada balok kantilever 1 sebesar 39.532 MPa dan pada balok kantilever 2 sebesar 51,853 MPa. Nilai deformasi & tegangan maksimum ini terjadi pada saat struktur dibebani oleh kombinasi beban dinamis, beban hujan dan beban angin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:01
Last Modified: 22 Dec 2021 02:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item
View Item