Korelasi antara Kadar Kalsium Serum dengan Fungsi Paru pada Penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Makassar


Ahmad, Farah Fauziyah Radhiyatulqalbi (2020) Korelasi antara Kadar Kalsium Serum dengan Fungsi Paru pada Penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P062181027_tesis cover1.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
P062181027_tesis 1-2.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P062181027_tesis dp.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P062181027_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Patologi PPOK menunjukkan gangguan inflamasi kronis yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran udara di paru-paru, sedangkan kalsium diketahui memiliki kemampuan mengembalikan aspek respon bawaan yang dapat membantu perbaikan akibat gangguan inflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kalsium serum dengan fungsi paru pada penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK).

Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria, terdiri atas 36 orang penderita PPOK. Data diperoleh dengan mengambil sampel darah untuk pemeriksaan kalsium serum dan dilakukan pemeriksaan fungsi paru yakni, Kapasitas Vital (KV), Volume Ekspirasi Paksa detik pertama (VEP1) dan Volume Ekspirasi Paksa detik pertama dibandingkan dengan Kapasitas Vital Paksa (VEP1/KVP)

Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara fungsi paru dan kalsium serum (P> 0,05), diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan penelitian dengan menggunakan variabel lebih spesifik yaitu serum ion kalsium.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Biomedik
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 11 Dec 2020 07:18
Last Modified: 11 Dec 2020 07:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item
View Item