STUDI EKSPERIMENTAL BENDUNGAN BUKAAN BAWAH UNTUK RETENSI BANJIR


TAMRIN, MUH. HUSNI (2013) STUDI EKSPERIMENTAL BENDUNGAN BUKAAN BAWAH UNTUK RETENSI BANJIR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
muhhusnita-2622-1-13-muh.-3 cover1.jpg

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
muhhusnita-2622-1-13-muh.-3 1-2.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
muhhusnita-2622-1-13-muh.-3 dapus.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
muhhusnita-2622-1-13-muh.-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Husni Tamrin. Studi Eksperimental Bendungan Bukaan Bawah
untuk Retensi Banjir. (dibimbing oleh Mary Selintung dan Muhammad
Arsyad Thaha).
Masalah banjir terjadi karena adanya interaksi peristiwa alam serta
campur tangan manusia di daerah pengaliran sungai. Permasalahan timbul
karena kurangnya kesadaran masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai
dimana mereka sering memanfaatkan sungai sebagai tempat sampah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh efektivitas bendungan
bukaan bawah dalam mereduksi debit banjir dan untuk menganalisa
hubungan antara debit banjir (Q max), diameter lubang (d) dan waktu
pengaliran (t) dalam mereduksi banjir.
Penelitian ini bersifat eksperimental yang dilakukan di Laboratorium
Teknik Sungai, Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Universitas Hasanuddin.
Simulasi model fisik dilakukan pada 36 simulasi pengaliran. dibagi dalam 2
simulasi pengaliran, yang pertama tanpa bendungan bukaan bawah, yang
kedua dengan bendungan bukaan bawah.
Hasil penelitian menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk
mencapai debit banjir maksimum berbanding lurus dengan diameter lubang
bendungan retensi, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk pengeluaran
debit banjir maksimum untuk kembali ke pengaliran debit normal berbanding
terbalik dengan diameter lubang bendungan retensi. Pemasangan
bendungan retensi dapat mereduksi banjir, yang mana semakin kecil
diameter lubang, reduksi banjir semakin besar. Hal ini terlihat pada
pemasangan bendung retensi dengan diameter 4,50 cm dapat mereduksi
banjir mencapai 50 %, diameter 5,50 cm dapat mereduksi banjir sebesar 30
% - 35 % dan pemasangan bendungan retensi dengan diameter lubang 6,50
cm dapat mereduksi debit banjir sebesar 25% - 30%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:04
Last Modified: 10 Nov 2021 07:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10208

Actions (login required)

View Item
View Item