STUDI PEMILIHAN MODA UNTUK PERJALANAN ANTAR KOTA RUTE POSO-MAKASSAR


ABULEBU, HENNY INDRIYANI (2013) STUDI PEMILIHAN MODA UNTUK PERJALANAN ANTAR KOTA RUTE POSO-MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
hennyindri-2487-1-13-henny-1 cover.jpg

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
hennyindri-2487-1-13-henny-1 1-2.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
hennyindri-2487-1-13-henny-1 dapus.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
hennyindri-2487-1-13-henny-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

HENNY INDRIYANI ABULEBU, Studi Pemilihan Moda Untuk Perjalanan
Antar Kota Rute Poso-Makassar (dibimbing oleh Dr.Eng. Tri Harianto,
ST.,MT. dan Dr.Eng. M. Isran Ramli, ST.,MT).
Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan memprediksi besaran
kebutuhan perjalanan yang bersifat perjalanan antar kota dari dan ke Kota
Poso (salah satu kota terbesar di Sulawesi Tengah).
Penelitian ini menggunakan pendekatan model logit, salah satu jenis
pendekatan pilihan diskrit berbasis random utility maximation (RUM) dalam
bidang ekonometrik. Melalui pendekatan ini, utilitas dan probilitas penggunaan
moda pilihan pelaku perjalanan dapat dimodelkan. Disamping itu, dengan
pendekatan analisis ini, maka faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan
moda oleh individu akan dapat diketahui. Penelitian ini juga menggunakan
survei wawancara terhadap populasi perjalanan dari Kota Poso ke Makassar.
Survei ini berbasis kusioner yang memuat mengenai variabel-variabel sosiodemografi individu, karakteristik perjalanan, dan karkateristik setiap pilihan
moda yang ada, serta pilihan penggunaan moda-moda tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor yang berpengaruh
secara signifikan pelaku perjalanan dalam melakukan pemilihan moda antara
Pesawat, Bus, dan Kendaraan pribadi diantaranya paling dominan adalah
ketepatan waktu berangkat/tiba (55.2%), kualitas pelayanan yang diberikan
untuk bus (45.6%) dan pesawat (48.7%), biaya perjalanan (48.6%) dan
maksud perjalanan (30.5%). Besar probabilitas penumpang yang memilih
kendaraan berdasarkan kepekaan terhadap perubahan waktu perjalanan
adalah probabilitas pesawat 23.73%, probabilitas bus 63.53% dan probabilitas
kendaraan pribadi 12.73% dan besar probabilitas penumpang yang memilih
kendaraan berdasarkan kepekaan terhadap biaya perjalanan adalah
probabilitas pesawat 51.36%, probabilitas bus 24.73% dan probabilitas
kendaraan pribadi 23.89%

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:52
Last Modified: 10 Nov 2021 03:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item
View Item