MUNDA, TURBANI (2013) PEMAHAMAN DAN SIKAP DUKUNGAN STAKEHOLDER TERHADAP PEMANFAATAN KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS (KHDTK) UNTUK WISATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
turbanimun-2186-1-13-turba-3 cover1.jpg
Download (267kB) | Preview
turbanimun-2186-1-13-turba-3 1-2.pdf
Download (504kB)
turbanimun-2186-1-13-turba-3 dapus.pdf
Download (1MB)
turbanimun-2186-1-13-turba-3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Turbani Munda. Pemahaman dan sikap dukungan stakeholder terhadap
pemanfaatan kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) untuk wisata
pendidikan lingkungan (dibimbing oleh Mujetahid M dan Mas’ud Junus). Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) merupakan
bagian dari sebuah kawasan hutan yang diberikan kewenangan khusus di
dalam pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemahaman dan sikap dukungan stakeholder terhadap pemanfaatan
KHDTK Malili untuk wisata pendidikan lingkungan. Desain penelitian
adalah eksploratif dengan menggunakan metode wawancara secara
mendalam. Data dikumpulkan dari hasil wawancara dan data dokumentasi
stakeholder. Analisa data yang sederhana di mana peneliti hanya
mengelompokkan secara kualitatif pada setiap variabel penelitian yang
diperoleh dilapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa para
Stakeholder sangat paham mengenai pentingnya fungsi hutan terhadap
lingkungan danpentingnya wisata pendidikan lingkungan dalam kawasan
hutan. Para Stakeholder sangat mendukung pelaksanaan wisata
pendidikan lingkungan pada KHDTK Malili. Diharapkan Pemerintah
Daerah Kabupaten Luwu Timur (Dinas Kehutanan, KPHL, Dinas
Pendidikan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) agar mencari dan
menyiapkan lokasi yang tepat bagi pelaksanaan kunjungan wisata
pendidikan lingkungan yang belum dapat ditampung oleh KHDTK Malili.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SD Forestry |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 01:49 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 01:49 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9844 |