PENCITRAAN SELEBRITAS POLITISI DI BLOG KOMPASIANA (ANALISIS WACANA KRITIS PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI JAWA BARAT 2013)


DANO PUTRI, CITRA F.I.L (2013) PENCITRAAN SELEBRITAS POLITISI DI BLOG KOMPASIANA (ANALISIS WACANA KRITIS PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI JAWA BARAT 2013). Thesis thesis, Universitas Hassanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
citrafilda-1989-1-13-citra-6 1-2.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
citrafilda-1989-1-13-citra-6 Cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
citrafilda-1989-1-13-citra-6 dapus-lam.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
citrafilda-1989-1-13-citra-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Citra F.I.L Dano Putri. Pencitraan Selebritas Politisi di Blog Kompasiana;
Analisis Wacana Kritis Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi
Jawa Barat 2013 (Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc dan Dr.
H.M. Iqbal Sultan, M.Si).
Masyarakat masih kurang dapat menerima kehadiran politisi yang
berasal dari kaum selebriti, karena dianggap hanya mengandalkan
popularitas dan penampilan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana Kompasianer (anggota dari blog Kompasiana) mencitrakan
selebritas politisi yang menjadi kandidat dalam pemilihan Gubernur dan
Wakil Gubernur Jawa Barat 2013. Peneliti mengumpulkan 29 postingan yang
dipublikasikan dalam blog Kompasiana, berdasarkan tiga periode yaitu; pra
kampanye, kampanye, dan pasca kampanye. Kesemua postingan ini
kemudian dianalisis berdasarkan metode Analisis Wacana Kritis, dengan
model pendekatan Teun Van Dijk. Model Van Dijk ini telah dielaborasi
kedalam struktur dan elemen-elemen wacana, agar peneliti lebih mudah
menentukan unit teks yang akan dianalisis.
Penelitian ini menemukan bahwa selebritas menjadi faktor dominan
dalam pilkada Jawa Barat, dan Rieke Diah Pitaloka menjadi yang paling
populer diantara para kandidat. Kompasianer mencitrakan selebritas politisi
berdasarkan citra subyektif (emosi/afeksi) dan obyektif (logika/kognisi). Citra
subyektif adalah ekspresi emosi Kompasiana tentang ketiganya (suka/tidak
suka, setuju/tidak setuju). Sedangkan citra obyektif adalah persepsi tentang
diri ketiga selebritas yang terbentuk berdasarkan kognisi Kompasiana.
Pencitraan ini menggunakan dua alat ukur yaitu: kesan dan kepercayaan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa citra subjektif
dan objektif tersebut sebagian besar diakibatkan oleh liputan media tentang
selebritas yang bersangkutan. Citra ini kemudian menjadi sulit dilepaskan
walaupun selebritas telah berkecimpung lama di dunia politik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 08 Nov 2021 12:03
Last Modified: 08 Nov 2021 12:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item
View Item