NINGSIH, IRMA ADI (2012) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN KEPUASAN NASABAH ATAS PRODUK TERM LIFE PADA PT. ASURANSI SUN LIFE INDONESIA WILAYAH MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hassanuddin.
irmaadinin-1603-1-12-irma-) 1-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (900kB)
irmaadinin-1603-1-12-irma-) cpver.jpg
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
irmaadinin-1603-1-12-irma-) dapus.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
irmaadinin-1603-1-12-irma-).pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Irma Adi Ningsih. Pengaruh Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Kepuasan
Nasabah Atas Produk Term Life Pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia Wilayah
Makassar dibimbing oleh DR. Muh. Ismail, SE, M.Si dan H. Muh. Sobarsyah, SE,
M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh strategi
bauran pemasaran terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life
pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia dan Untuk mengetahui dari keenam faktor
tersebut, yang manakah berpengaruh paling dominan terhadap peningkatan kepuasan
nasabah atas produk Term Life pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Asuransi Sun Life Indonesia Wilayah
Makassar. Model penelitian yang digunakan yakni dengan Metode Pengumpulan
Data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara
sistematik berdasarkan tujuan penelitian.
Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan
membuktikan hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan mempergunakan
program SPSS. Dalam penelitian ini, Analisis regresi berganda berperan sebagai
teknik statistik yang digunakan untuk menguji ada tidaknya pengaruh strategi bauran
pemasaran terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk asuransi Term Life
yang diterapkan pada PT. Asuransi Sun Life Indonesia Wilayah Makassar.
Selanjutnya berdasarkan hasil regresi berganda tersebut, maka dapat dianalisis
koefisien determinasinya (R) yaitu koefisien determinasi parsial untuk mengukur
secara terpisah dampak variabel bebas X1, X2, X3, X4, X5 dan X6 terhadap Variabel Y.
Uji serempak atau uji F merupakan uji secara bersama-sama untuk menguji
signifikansi pengaruh variabel bebas dalam hal ini bauran pemasaran (X1, X2, X3, X4,
X5, dan X6) secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Uji t (Uji
Parsial) Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel
bebasnya secara sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap variabel
terikatnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran pemasaran PT. Asuransi Sun
Life Indonesia wilayah Makassar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan
kepuasan nasabah atas produk Term Life. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Fhitung >
Ftabel (15,658> 2,31) dengan tingkat kesalahan α 5% adalah sebesar 2,31. Disamping
itu, pengaruh bauran pemasaran PT. Asuransi Sun Life Indonesia wilayah Makassar
terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term Life sebesar 50,3 %.
Dengan uji-t yang dilakukan, terbukti bahwa dari enam variabel bauran pemasaran
PT. Asuransi Sun Life Indonesia wilayah Makassar, variabel price adalah variabel
yang paling berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan nasabah atas produk Term
Life dibandingkan dengan lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel
price yang lebih besar dari variabel lainnya (product, promotion, place, people, dan
customer service) yaitu 4.719 > (2.158, 2.265, 1.880, 2.312 dan 1.058).
Kata Kunci : product, promotion, place, people, customer service,
kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 04:34 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9223 |