GAMBARAN TENTANG DIMENSI MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAREL SADSUITUBUN LANGGUR KABUPATEN MALUKU TENGGARA TAHUN 2013


KELMANUTU, LEVINA. S (2013) GAMBARAN TENTANG DIMENSI MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAREL SADSUITUBUN LANGGUR KABUPATEN MALUKU TENGGARA TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
levinaskel-1688-1-13-levin-1 cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
levinaskel-1688-1-13-levin-1 1-2.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
levinaskel-1688-1-13-levin-1 dapus.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
levinaskel-1688-1-13-levin-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Manajemen Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Hasanuddin
Skripsi, 2013
LEVINA. S KELMANUTU
DESKRIPSI DIMENSI KUALITAS LAYANAN PADA RAPAT RAPAT
UNIT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KAREL SADSUITUBUN
LANGGUR KABUPATEN MALUKU TENGGARA TAHUN 2013.
(xiii + 95 halaman + 10 lampiran + 9 tabel)
Masih banyak keluhan pasien yang diajukan, seperti:
pasien mengeluh tentang ketepatan waktu pemeriksaan rutin, perawat sering
mengabaikan pasien yang datang, serta keluhan lainnya adalah faktor fasilitas. Berdasarkan
standar Kementerian Kesehatan indikator BOR adalah 60-85%, sedangkan BOR pada
RSUD Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2011
(49,6%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional yaitu dengan
mengetahui gambaran kualitas pelayanan di RSUD Karel Sadsuitubun
Langgur. Populasi penelitian ini adalah pasien yang menggunakan unit rawat inap di Puskesmas setempat
rumah sakit Karel Sadsuitubun Langgur selama bulan Januari sampai Februari tahun 2013, dengan
sampel sebanyak 80 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan menggunakan
kuesioner, untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa
RSUD Karel Sadsuitubun Langgur menyatakan ketepatan waktu cukup baik
(98,7%), informasi (85,0%), dan hubungan antar manusia (95,0%). Tidak seperti
demikian halnya dengan kenyamanan (65,0%), dimana sebagian besar responden menyatakan kurang
nyaman. Secara keseluruhan, persepsi responden terhadap kualitas pelayanan adalah 51,3% menyatakan
cukup baik, dan 48,7% menyatakan kurang baik.
Rekomendasi yang diberikan sebaiknya ada beberapa petugas yang kurang tanggap
untuk kebutuhan pasien dari semua jenis, jika hanya lebih bersedia untuk menghabiskan waktu mendengarkan
keluhan dan keinginan pasien, rumah sakit Karel Sadsuitubun
Langgur harus lebih memperhatikan ketersediaan air yang kurang di hampir
setiap ruang perawatan, petugas harus meningkatkan dan menjaga kebersihan
sarana dan prasarana rumah sakit. Karena semua ini sangat mempengaruhi kesehatan
kualitas layanan.
Kata kunci : kualitas pelayanan, ketepatan waktu, informasi, hubungan antar manusia,
kenyamanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 08 Nov 2021 05:34
Last Modified: 08 Nov 2021 05:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9150

Actions (login required)

View Item
View Item