FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS PADA RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ELIM RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA


JAHID, HALIMAH (2013) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMKESMAS PADA RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ELIM RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
halimahjah-1658-1-13-halim-) cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
halimahjah-1658-1-13-halim-) 1-2.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
halimahjah-1658-1-13-halim-) dapus-lam.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
halimahjah-1658-1-13-halim-).pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
HALIMAH JAHID
“FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN
PESERTA JAMKESMAS PADA RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT
ELIM RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA”
(xiv + 62 halaman + 11 tabel + 7 lampiran)
Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat
dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya
dengan apa yang diharpkannya. Berdasarkan laporan tahunan jumlah kunjungan
pasien Jamkesmas di Rumah sakit Elim Rantepao bervariasi 3 tahun terakhir, jumlah
kunjungan pasien pada tahun 2010 sebanyak 4.421 kunjungan. Sementara pada tahun
2011 meningkat menjadi 4.926 kunjungan. Namun pada tahun 2012 terjadi penurunan
jumlah kunjungan sebanyak 1.642 yaitu hanya 3.284 kunjungan. Dengan adanya
utilisasi jumlah kunjungan setiap tahun, maka peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian di Rumah sakit Umum Elim Rantepao mengenai kepuasan pasien peserta
Jamkesmas
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan
Dimensi Informasi, dimensi akses keterjangkauan dan dimensi kesinambungan pada
pasien peserta Jamkesmas rawat inap di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten
Toraja Utara tahun 2013.
Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional study dengan jumlah
populasi 3.284 dan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan
accidental sampling dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara dimensi
informasi dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,687 > α(0,05), tidak ada
hubungan antara dimensi akses keterjangkauan dengan kepuasan pasien dengan nilai
p = 0,802 > α(0,05), ada hubungan antara dimensi kesinambungan dengan kinerja
perawat dengan nilai p= 0.005 < α(0,05) dengan nilai kekuatan hubungan 0,281 yang
berarti hubungannya sedang..
Bagi pihak rumah sakit agar memperbanyak poster-poster mengenai
penyuluhan kesehatan agar bisa menambah pengetahuan bagi pengguna pelayanan
kesehatan, memperhatikan kebersihan toilet rumah sakit demi terciptanya
kenyamanan bersama, dan memperhatikan ketersediaan obat yang ada di apotek
Rumah sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 08 Nov 2021 04:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item
View Item