RAHMATIA, RAHMATIA (2021) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN 1 BUTON = THE ANALYSIS OF PHONOLOGICAL ERRORS IN READING ARABIC TEXT SKILLS FOR CLASS XI STUDENTS OF MAN 1 BUTON. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F012192002_tesis_19-10-2021 cover1.jpg
Download (263kB) | Preview
F012192002_tesis_19-10-2021 Bab 1-2.pdf
Download (895kB)
F012192002_tesis_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf
Download (1MB)
F012192002_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
RAHMATIA. Analisis Kesalahan Fonologi dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 1 Buton (dibimbing oleh Muhammad Darwis dan Lukman).
Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Buton dan (2) mengungkap faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Buton.
Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan analisis statistik sederhana. Data penelitian ini adalah data lisan berupa kesalahan fonologi dalam teks bahasa Arab yang dilakukan ketika siswa membaca. Selanjutnya, sumber data penelitian ini adalah teks bahasa Arab yang diambil dari buku pelajaran. Data berupa kesalahan pelafalan ketika siswa membaca teks tersebut. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, teknik catatan lapangan, teknik rekam, dan teknik wawancara. Data dianalisis dengan langkahlangkah pengumpulan data, pengidentifikasian kesalahan yang terdapat dalam data, pengklasifikasian kesalahan berdasarkan bentuknya, dan penjelasan kesalahan dengan mencari penyebab kesalahan tersebut, serta menyimpulkan hasil analisis kesalahan yang telah diidentifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesalahan fonologi saat siswa kelas XI MAN 1 Buton membaca teks bahasa Arab berdasarkan makharijul huruf. Bunyi yang tidak dapat diujarkan secara tepat sesuai dengan tempat keluarnya huruf ketika dilafalkan oleh siswa tersebut adalah [h], [‟], [ḫ], [gh], [kh], [q], [sy], [ṣ], [ż], [a:], [i:]. Lebih lanjut, bentuk kesalahan pelafalan bunyi terjadi dalam tiga bentuk, yaitu perubahan, penghilangan dan penambahan. Faktor penyebab terjadinya kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa Arab siswa kelas XI MAN 1 Buton disebabkan oleh pengaruh bahasa yang dipelajari (kesalahan intralingual) dan masih terpengaruh oleh bahasa pertama (kesalahan interlingual).
Kata kunci: fonologi, bahasa Arab, intralingual, interlingual
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 00:47 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 00:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/9051 |