Aski, Salsabila (2021) Pengaruh Jarak Gading Terhadap Distribusi Tegangan dan Kuat Batas Pada Midship Kapal Single Hull Very Large Crude Carrier (VLCC). Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D32116310_skripsi cover1.png
Download (150kB) | Preview
D32116310_skripsi 1-2.pdf
Download (2MB)
D32116310_skripsi dp.pdf
Download (789kB)
D32116310_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Kekuatan struktur kapal merupakan salah satu aspek teknis yang mempengaruhi tingkat keamanan kapal disaat bereksploitasi baik dikondisi laut yang tenang maupun bergelombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh distribusi tegangan dan kuat batas pada midship Kapal Single Hull Very Large Crude Carrier (VLCC) dalam kondisi hogging dan sagging. Analisis distribusi tegangan dan kuat batas menggunakan program bantu fortran yang diaplikasikan pada metode Smith. Dalam hal ini objek penelitian adalah tiga jarak gading midship kapal Single Hull Very Large Crude Carrier (VLCC) yaitu 1670 mm, 4670 mm, dan 7670 mm. Ketidaksempurnaan awal, retak dan tegangan sisa pengelasan diabaikan. Distribusi tegangan maksimum terjadi pada jarak gading 1670 mm pada step 48 untuk kondisi hogging dan step 50 untuk kondisi sagging dengan nilai momen berturut-turut 0,1025×1013 Nmm dan 0,1017×1013 Nmm. Kekuatan batas momen lentur maksimum kapal single hull VLCC pada jarak gading 1670 mm pada kondisi hogging 0,103×1013 Nmm dan kondisi sagging -0,1001×1013 Nmm.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 07 Nov 2021 18:46 |
Last Modified: | 07 Nov 2021 18:46 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8879 |