RAHMAN, EKI MAULADI (2012) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PANGSA PASAR PADA PT. HADJI KALLA (TOYOTA) CABANG URIP DI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hassanuddin.
ekimauladi-1432-1-12-eki-n 1-2.pdf
Download (432kB)
ekimauladi-1432-1-12-eki-n cover.jpg
Download (316kB) | Preview
ekimauladi-1432-1-12-eki-n dapus.pdf
Download (147kB)
ekimauladi-1432-1-12-eki-n.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
EKI MAULADI RAHMAN, A211 076 644. Analisis Penerapan Strategi
Pemasaran Dalam Peningkatan Pangsa Pasar Pada PT. Hadji Kalla (Toyota)
Cabang Urip di Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Ismail dan Mukhtar)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi
pemasaran mobil Toyota pada PT. Hadji Kalla (Toyota) Cabang Urip di Makassar
melalui penerapan (produk, harga, promosi dan saluran distribusi) dalam peningkatan
pangsa pasar, untuk menganlisis sejauh mana penerapan analisis SWOT (Kekuatan,
Kelemahan, peluang, ancaman) yang dihadapi oleh perusahaan.
Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
strategi pemasaran, analisis SWOT dan analisis Pangsa Pasar
Berdasarkan hasil perkembangan penjualan menunjukkan bahwa volume
penjualan mobil Toyota yang dicapai oleh perusahaan dari tahun 2007 s/d tahun 2010
mengalami peningkatan sebesar 24,07%. Namun dalam tahun 2011 volume penjualan
mobil Toyota mengalami penurunan sebesar 20,50%, hal yang lebih dominan
mengakibatkan penurunan penjualan adalah disebabkan karena ketatnya persaingan,
dimana munculnya beberapa jenis perusahaan pesaing yang menawarkan segala
model/type yang bersaing dan harga jual yang bersaing pula.
Hasil analisis Swot nampak bahwa posisi strategi pemasaran mobil Toyota
pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Makassar berada pada kuadran I, hal tersebut
merupakan situasi yang menguntungkan di mana perusahaan memiliki peluang dan
kekuatan yang sangat baik. Strategi yang harus diterapkan oleh PT. Hadji Kalla
dalam melakukan pemasaran mobil adalah dengan strategi kebijakan pertumbuhan
yang agresif (Growthoriented strategy). Alasannya karena perusahaan PT. Hadji
Kalla memiliki nilai kekuatan yang lebih besar dari kelemahan dan di samping itu
memiliki peluang yang lebih besar jika dibandingkan dengan ancaman.
Berdasarkan hasil perhitungan market share nampak bahwa dalam tahun 2007
market share yang dicapai perusahaan sebesar 60%, tahun 2008 sebesar 60,52%,
tahun 2009 market share perusahaan sebesar 61,07%, tahun 2010 market share
sebesar 61,50% dan tahun 2011 market share sebesar 50%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 00:17 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 00:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8747 |