SAPUTRA A, ASWIN (2012) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK BLACKBERRY (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
aswinsaput-1299-1-12-aswin-) 1-2.pdf
Download (951kB)
aswinsaput-1299-1-12-aswin-) cover.jpg
Download (260kB) | Preview
aswinsaput-1299-1-12-aswin-) dapus.pdf
Download (527kB)
aswinsaput-1299-1-12-aswin-).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek
terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone merek Blacberry. Penelitian
ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Model
penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner,
dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan
penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi
linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F dan uji T. Kemudian
menggunakan perhitungan korelasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan
signifikansiekuitas merek terhadap pengambilan keputusan pembelian handphone
merek Balckberry. Dari hasilpenelitian menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek
yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas
merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan
pembelian handphone merek Blackberry. Diperoleh persamaan Y=0,314X1 0,337
X2 0,279 X3 0,235 X4, yang memiliki arti bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri
dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari penelitian ini
dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri
dari kesadaran merek,asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara
bersama-sama (simultan-uji F) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel
keputusan pembelian. Berdasarkan uji T, hasil yang diperoleh bahwa semua
variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,681. Hal
vii
ini menunjukkan bahwa sebesar 68,1% keputusan pembelian konsumen terhadap
pembelian handphone merek Blackberry dipengaruhi oleh variasi dari keempat
variabel independen, yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan
loyalitas merek, sedangkan sisanya sebesar 31,9% dipengaruhi oleh variabelvariabel lainnya yang tidak diteliti. Kata Kunci: Kesadaran merek, Asosiasi Merek,
Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek,dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 05:56 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8539 |