KOLABORASI MIND MAPPING DAN ORGANIZATIONAL PATTERN UNTUK MENINGKATKAN KWALITAS ESAI MAHASISWA


Warsidi, Warsidi (2013) KOLABORASI MIND MAPPING DAN ORGANIZATIONAL PATTERN UNTUK MENINGKATKAN KWALITAS ESAI MAHASISWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
warsidi-994-1-13-warsi-7 cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
warsidi-994-1-13-warsi-7 1-2.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
warsidi-994-1-13-warsi-7 dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
warsidi-994-1-13-warsi-7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Warsidi. Kolaborasi Mind Mapping dan Organizational Pattern untuk
meningkatkan Kwalitas Esai Mahasiswa (dibimbing oleh Burhanuddin Arafah
dan Mustafa Makka).
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah kolaborasi antara
mind mapping dan organizational pattern dapat meningkatkan kemampuan
menulis essai dan menumbuhkan ketertarikan mahasiswa dalam penulisan
esai serta untuk menerapkan penyelenggaraan metode kolaborasi mind
mapping dan organizational pattern kepada mahasiswa dalam proses
pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan desain rangkaian waktu yang menjelaskan
tentang sebelum dan sesudah penerapan metode. Sampel penelitian in
berjumlah 7 orang. Analisis data menggunakan analisis deskripsi kritis dan
analisis kwantitatif dengan dua tim penilai. Deskripsi analisis kritis diterapkan
dalam menganalisis hasil pra test dan post test mahasiswa. Analisis
berdasarkan isi, alur ide, kosa kata, tata bahasa dan tanda baca yang
digunakan dalam essai tersebut. Kemudian hasil pra test dan post test
mahasiswa juga dianalisis secara kwantitatif. Selanjutnya analisis sikap
mahasiswa terhadap metode pembelajaran ini juga menggunakan analisis
kwantitif.
Hasil analisis menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara
semua pra test dan post test. Pada pra test dan post test 1, perbedaan atau
peningkatannya tidak signifikan dengan nilai probabilitas yang lebih tinggi dari
pada tingkat signifikansi (0,137 > 0,05). Kemudian pada pra test dan post test
2, ada peningkatan yang lebih signifikant dengan nilai probabilitas yang lebih
rendah dari tingkat signifikansi (0,034 < 0,05). Selanjutnya pada pra test dan
post test 3, peningkatannya sangat signifikant dengan nilai probabilitas jauh
lebih rendah dari tingkat signifikansi (0,001 < 0,05). Kemudian sikap
mahasiswa terdapat pada data angket positif dengan mean score 83, yang
terkategorikan positif. Oleh karena itu, kolaborasi mind mapping dan
organizational pattern dapat meningkatkan essai mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:51
Last Modified: 28 Oct 2021 07:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8392

Actions (login required)

View Item
View Item