ANALISIS PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PIPA PADA PT. RAJAWALI JAYA SAKTI DI MAKASSAR


JAFAR, MUTMAINNA (2012) ANALISIS PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PIPA PADA PT. RAJAWALI JAYA SAKTI DI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
mutmainnaj-1079-1-12-mutma-7 COVER1.jpg

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
mutmainnaj-1079-1-12-mutma-7 1-2.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
mutmainnaj-1079-1-12-mutma-7 DAPUS.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
mutmainnaj-1079-1-12-mutma-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Mutmainna Jafar. A 211 08 927. Analisis Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap
Peningkatan Penjualan Pipa Pada PT. Rajawali Jaya Sakti di Makassar. (dibimbing
oleh H. Muh Asdar dan Hj. Nuraeni Kadir)
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan penetapan
segmentasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan PT. Rajawali Jaya Sakti di
Makassar dalam peningkatan penjualan pipa dan untuk mengetahui pengaruh
segmentasi pasar terhadap peningkatan penjualan pipa. Sedangkan metode analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier
sederhana dan analisis korelasi.
Berdasarkan data mengenai perbandingan besarnya omzet penjualan sebelum
dan setelah diadakan segmentasi pasar, maka nampak adanya peningkatan volume
penjualan dari tahun ketahun. Berdasarkan data mengenai perbandingan target
penjualan dengan realisasi penjualan maka setelah dilakukan segmentasi pasar,
nampak bahwa adanya penurunan selisih antara target penjualan dengan realisasi
penjualan yakni untuk tahun 2007 sebesar 750 batang atau sebesar 1,69 %, tahun
2008 sebesar 500 batang atau sebesar 1,09 %, tahun 2009 sebesar 250 batang atau
sebesar 0,52 %, tahun 2010 sebesar 500 batang atau 0,93 %, dan tahun 2011 sebesar
300 batang atau 0,51 %. Berdasarkan hasil analisis regresi, dapat disimpulkan jika
daerah segmentasi pasar bertambah satu daerah maka volume penjualan akan
meningkat sebesar 4.172,22 batang, dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat
dibuktikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 28 Oct 2021 00:59
Last Modified: 28 Oct 2021 00:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item
View Item