HASTUTI, ELY (2013) STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN MAHASISWA NERS B 2011 TENTANG METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
elyhastuti-988-1-13-elyh-i 1-2.pdf
Download (384kB)
elyhastuti-988-1-13-elyh-i cover1.jpg
Download (262kB) | Preview
elyhastuti-988-1-13-elyh-i dapus.pdf
Download (198kB)
elyhastuti-988-1-13-elyh-i.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (697kB)
Abstract (Abstrak)
Ely Hastuti. C121 09 259. Studi Fenomenologi Pengalaman Mahsasiswa Ners B 2011
Tentang Metode Pembelajaran Tutorial Di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas
Kedokteran Universitas Hasanuddin (PSIK FK Unhas). Dibimbing oleh Ns yuli dan Ns Majid
(xii+119 halaman+1 tabel+8 Bagan+6 Lampiran)
Latar Belakang : Metode tutorial merupakan cara pembelajaran untuk meningkatkan mutu
pendidikan dengan memanfaatkan tenaga profesional dan manajemen akuntabel yang di terapkan
di PSIK FK Unhas. Penerapan metode tutorial yaitu menjadikan mahasiswa sebagai kelompok
diskusi yang aktif. Sehingga, perlu dilakukan sebuah penelitian yang mengkaji bagaimana
fenomenologi pengalaman mahasiswa tentang pembelajaran tutorial.
Tujuan : Untuk menggali secara mendalam pengalaman mahasiswa Ners B 2011 Pada metode
pembelajaran tutorial di PSIK FK UNHAS.
Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Partisipan dipilih dengan menggunakan tekhnik purposive sampling, dengan
wawancara mendalam mengenai pengalaman dalam melaksanakan tutorial. Sampel penelitian
didapatkan tiga orang yang telah memenuhi kriteria inklusi.
Hasil : Dalam penelitian ini diperoleh enam tema yaitu proses dalam tutorial, kondisi awal
sebelum pelaksanaan tutorial, manfaat dalam tutorial, prasarana yang menghambat dalam
pelaksanaan tutorial, kendala teknis selama pelaksanaan tutorial, saran dan harapan untuk
pelaksanaan tutorial selanjutnya.
Kesimpulan dan Saran : Disimpulkan bahwa pengalaman mahasiswa Ners B 2011 tentang
metode pembelajaran tutorial yaitu didapatkan proses dalam tutorial, kondisi awal sebelum
pelaksanaan tutorial, manfaat dalam tutorial, prasarana yang menghambat dalam pelaksanaan
tutorial, kendala teknis selama pelaksanaan tutorial, Disarankan waktu lebih diperpanjang
mahasiswa serta dosen tidak terlambat dan pemberian sumber informasi oleh Tim pengajar
mengenai sumber literatur yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 00:50 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8200 |