ANALISIS RANTAI PASOK BERAS (Studi Kasus di Mini Market Rahmat Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan)


SUHNUR, RISKY AWALIA (2021) ANALISIS RANTAI PASOK BERAS (Studi Kasus di Mini Market Rahmat Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116316_skripsi cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116316_skripsi bab 1-2.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116316_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116316_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi rantai pasok beras Mini Market Rahmat dan mendeskripsikan kinerja pada rantai pasok beras Mini Market Rahmat. Penelitian ini dilakukan di Desa Paenre Lompoe, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, dan dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2020. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang berupa deskriptif kuantitatif. Dan menggunakan metode Food Supply Chain Networking (FSCN) dan metode efesiensi pemasaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu kondisi rantai pasok beras Mini Market Rahmat di Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba terdiri dari 5 indikator yaitu: (1) sasaran rantainya, belum berjalan dengan baik; (2) struktur rantainya, terdiri dari anggota primer: petani, pedagang pengumpul, penggilingan, pedagang pengecer, dan anggota sekunder: penyedia saprodi, jasa transportasi, jasa perbankan, Dinas Pertanian Kabupaten Bulukumba, (3) Dalam manajemen rantainya terdapat permasalahan antar anggota rantai pasok yang belum berkembang; (4) sumber daya modal yang digunakan petani dalam rantai pasok masih lemah; (5) aliran informasi dalam rantai pasok masih lemah. Untuk kinerja rantai pasok beras Mini Market Rahmat di Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba termasuk efisien terlihat dari besarnya nilai yang didapatkan dalam mengukur efesiensi pemasaran (nilai marjin pemasaran sebesar Rp.3.039 per kilogram, nilai farmer’s share sebesar 68,01 persen, dan nilai rasio keuntungan dan biaya sebesar Rp.2,9 per kilogram).
Kata Kunci: Beras, Rantai Pasok, Manajemen Rantai Pasok, Efisiensi Kinerja, Food Supply Chain Networking (FSCN), Efesiensi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:10
Last Modified: 13 Oct 2021 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8121

Actions (login required)

View Item
View Item