PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG CARA PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) YANG BENAR DI PUSKESMAS TAMALANREA


KRISHNASAMY, SOPNA (2013) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG CARA PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) YANG BENAR DI PUSKESMAS TAMALANREA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
sopnakrish-876-1-13-sopna-0 cover.jpg

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
sopnakrish-876-1-13-sopna-0 1-2.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
sopnakrish-876-1-13-sopna-0 dapus.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
sopnakrish-876-1-13-sopna-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Latar belakang: ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan alamiah yang ideal untuk
bayi, terutama pada bulan-bulan pertama. Ibu memberikan makan bayi dengan ASI
bukan hanya memberinya awal kehidupan yang sehat dan bergizi, tetapi juga
merupakan cara yang hangat, penuh kasih, dan menyenangkan. Modal dasar
pembentukan manusia berkualitas dimulai sejak bayi dalam kandungan disertai dengan
pemberian ASI sejak usia dini. ASI adalah makanan berstandar emas yang tidak bisa
dibandingkan dengan susu formula atau makanan buatan apapun. ASI mengandung zat
kekebalan (kolostrum) yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit (Anwar,
2009).
Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik karena bertujuan menganalisa,
menjelaskan suatu hubungan, menguji berdasarkan teori yang ada dan menggunakan
pendekatan cross sectional yaitu jenis penelitian yang menekankan waktu pengukuran
atau observasi data variabel independen dan dependen dinilai secara simultan pada
suatu saat dan tidak ada tindak lanjut. Sampel berjumlah 50 yang merupakan para ibu
yang datang berobat di puskesmas Tamalanrea selama 2 minggu dan bersetuju mengisi
kuisioner. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analyze Chi Square.
Hasil: Hasil dari analisa data, didapati bahwa tidak terdapat pengaruh pendidikan para
ibu terhadap cara pemberian ASI yang benar di mana dalam uji Chi-Square hitung
adalah lebih tinggi dari nilau Chi-Square tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa
hipotesis nol(Ho) diterima..
Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan para ibu terhadap tingkat
pengetahuan cara pemberian ASI yang benar dimana pendidikan seharusnya menjadi
media salah satu faktor meningkatnya tahap pengetahuan seorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 25 Oct 2021 01:39
Last Modified: 25 Oct 2021 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8108

Actions (login required)

View Item
View Item