STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN MAHASISWA NERS B 2011 TENTANG METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN


HASTUTI, ELY (2013) STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN MAHASISWA NERS B 2011 TENTANG METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
elyhastuti cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
elyhastuti 1-2.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
elyhastuti dapus.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
elyhastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Metode tutorial merupakan cara pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfaatkan tenaga profesional dan manajemen akuntabel yang di terapkan di PSIK FK Unhas. Penerapan metode tutorial yaitu menjadikan mahasiswa sebagai kelompok diskusi yang aktif. Sehingga, perlu dilakukan sebuah penelitian yang mengkaji bagaimana fenomenologi pengalaman mahasiswa tentang pembelajaran tutorial. Tujuan : Untuk menggali secara mendalam pengalaman mahasiswa Ners B 2011 Pada metode pembelajaran tutorial di PSIK FK UNHAS. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dipilih dengan menggunakan tekhnik purposive sampling, dengan wawancara mendalam mengenai pengalaman dalam melaksanakan tutorial. Sampel penelitian didapatkan tiga orang yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil : Dalam penelitian ini diperoleh enam tema yaitu proses dalam tutorial, kondisi awal sebelum pelaksanaan tutorial, manfaat dalam tutorial, prasarana yang menghambat dalam pelaksanaan tutorial, kendala teknis selama pelaksanaan tutorial, saran dan harapan untuk pelaksanaan tutorial selanjutnya. Kesimpulan dan Saran : Disimpulkan bahwa pengalaman mahasiswa Ners B 2011 tentang metode pembelajaran tutorial yaitu didapatkan proses dalam tutorial, kondisi awal sebelum pelaksanaan tutorial, manfaat dalam tutorial, prasarana yang menghambat dalam pelaksanaan tutorial, kendala teknis selama pelaksanaan tutorial, Disarankan waktu lebih diperpanjang mahasiswa serta dosen tidak terlambat dan pemberian sumber informasi oleh Tim pengajar mengenai sumber literatur yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:27
Last Modified: 15 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item
View Item