Husain, Dahlia (2013) APPLYING MULTIPLE INTELLIGENCES-BASED ACTIVITIES (MIBA) TO PROMOTE STUDENTS’ WRITING PERFORMANCE PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLIGENCE-BASED ACTIVITIES (MIBA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
dahliahusa-911-1-13-dahli-2 COVER1.jpg
Download (212kB) | Preview
dahliahusa-911-1-13-dahli-2 1-2.pdf
Download (519kB)
dahliahusa-911-1-13-dahli-2 DAPUS-LAM.pdf
Download (898kB)
dahliahusa-911-1-13-dahli-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
DAHLIA HUSAIN. Penggunaan Multiple Intelligence-Based Activities (MIBA)
untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa (Dibimbing oleh Etty
Bazergan and Ria Jubhari)
Penelitian ini dilakukan berdasar pada asumsi bahwa apabila
perbedaan siswa di akomodasi maka hal ini dapat mengarah pada suksesnya
siswa terutama dalam proses pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan
untuk menginvestigasi 1) profil MI siswa, 2) seberapa jauh dampak
penggunaan Multiple Intelligence-Based Activities (MIBA) dalam
meningkatkan keterampilan menulis siswa dan 3) persepsi siswa terhadap
penggunaan MIBA. Terdapat 2 grup homogen dari mahasiswa semester 4 di
Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo yang berpartisipasi
dalam penelitian ini. Instrumen penelitian termasuk MI Inventory dari
McKenzie (1999), pre- tes dan pos- tes, serta kuisioner persepsi.
Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan
memberikan pre dan post tes kepada kelompok kontrol dan ekperimen, diikuti
dengan pemberian kuisioner untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap
penggunaan MIBA. Ekperimen ini berdasar pada 8 tipe intelejensi yang
dikembangkan oleh Gardner (2011). Skala penilaian analitik diguunakan
untuk menilai tulisan mahasiswa.
Hasil dari MI Inventory menunjukan bahwa mahasiswa kelompok
eksperimen terlihat lebih cenderung memiliki intelejensi yang kuat pada
Musical dan Logical Intelligence. Kemudian, hasil dari uji independent sample
t-test menunjukan bahwa mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan
MIBA secara signifikan lebih baik dari pada mahasiswa yang diajarkan
menggunakan cara konvensional dimana nilai observasi t lebih besar dari
pada nilai tabel t (2.532 > 2.042). Persepsi positif juga diperoleh dari
kuisioner yang dibagikan pada mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan MIBA berdampak positif dalam meningkatkan keterampilan
menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:01 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/8008 |