DRAMA KOREA (STUDI MOTIVASI DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNHAS TERHADAP BUDAYA POPULER KOREA )


TODING, MILENI SINAGA (2021) DRAMA KOREA (STUDI MOTIVASI DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNHAS TERHADAP BUDAYA POPULER KOREA ). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071171311_skripsi_06-10-2021 cover1.png

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071171311_skripsi_06-10-2021 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071171311_skripsi_06-10-2021 dp.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071171311_skripsi_06-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mileni Sinaga Toding (E071171311). Drama Korea ( Studi Motivasi Mahasiswa Fisip Unhas Terhadap Budaya Populer Korea). Dibawah bimbingan Prof. Dr. Ansar Arifin, MS dan Hardiyanti, S.Sos, M.Si. Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa Fisip Unhas terhadap budaya populer Korea yaitu drama Korea serta untuk mengetahui Konsekuensi yang dialami mahasiswa Fisip Unhas setelah mengomsumsi unsur budaya populer tersebut. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive (sengaja). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara mendalam dengan informan, serta didukung dan dipertegas dengan berbagai studi pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik mahasiswa terhadap drama korea sebagai budaya populer Korea terdiri dari media massa serta lingkungan sosial dan motivasi instrinsik yang terdiri dari alur cerita yang menarik, visual pemain dalam drama, serta totalitas dalam pembuatan drama merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa terhadap unsur budaya populer Korea. Konsekuensi yang dialami oleh mahasiswa selama mengomsumsi unsur budaya populer dijelaskan dalam bentuk pengetahuan mahasiswa penggemar drama Korea dan perilaku mahasiswa penggemar drama Korea dimana pada tahapan-tahapan tersebut menunjukkan bahwa melalui drama, Korea berusaha menanamkan nilai yang positif dari unsur–unsur budayanya terhadap mahasiswa sehingga produk-produk Korea dapat dengan mudah diterima.
Kata Kunci : Motivasi, Mahasiswa, budaya populer, Drama Korea.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Oct 2021 00:27
Last Modified: 11 Oct 2021 00:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7912

Actions (login required)

View Item
View Item