KADER MILENIAL DAN PARTAI POLITIK (STUDI PREFERENSI KADER MILENIAL PARTAI NASDEM DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI MAKASSAR


Putri, Annisa Angraeni Novita (2021) KADER MILENIAL DAN PARTAI POLITIK (STUDI PREFERENSI KADER MILENIAL PARTAI NASDEM DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171313_skripsi COVER1.png

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171313_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171313_skripsi DP.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Annisa Angraeni Novita Putri. NIM E041171313. Milenial dan Partai Politik (Studi Preferensi Kader Milenial Partai Nasdem dalam Pemilihan Legislatif di Makassar). Di bawah bimbingan Prof. Dr. Armin, M.Si. Dan Haryanto. S.IP, M.A.
Partisipasi politik melibatkan banyak kalangan khususnya dalam kontestasi politik. Dewasa ini, partisipasi politik juga banyak melibatkan para pemuda atau yang biasanya dikenal sebagai kaum milenial. Banyak partai yang melakukan rekrutmen politik dengan menggaet milenial untuk meningkatkan ketertarikan pemilih muda dalam dunia perpolitikan. Selain itu, kader-kader lain juga tertarik untuk merangkul para pemilih milenial untuk mendapatkan suara dan meningkatkan citra politiknya. Hal ini tentu dimanfaatkan bagi kader dan partai sebagai strategi politik khususnya dalam pemilihan legislatif. Seperti halnya Partai Nasdem yang mendapatkan suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif di Makassar dengan memanfaatkan suara para milenial yang notabene mendominasi DPT.
Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mengetahui alasan kader memilih Nasdem dan bagaimana strategi kader milenial Nasdem untuk mendaptkan suara pemilih Milenial dalam Pemilihan Legislatif 2019. Penelitian ini dilakukan melalui studi kasus dengan dasar penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai informan kunci yang dianggap dapat menjelaskan preferensinya terhadap partai Nasdem dan strategi yang digunakan pada pileg 2019 serta melengkapinya dengan beberapa referensi tertulis seperti data-data dari instansi terkait. Adapun konsep yang digunakan penulis ialah konsep preferensi, partai politik, partisipasi politik, marketing politik dan strategi politik.
Sehingga dalam hasil penelitian ini, menjelaskan bahwa preferensi kader dalam memilih Partai Nasdem karena ketokohan dan program yang ditawarkan oleh Nasdem. Selain itu, strategi kader milenial dan partai Nasdem untuk mendapatkan suara milenial tentu dengan membranding diri selaras dengan kebiasaan milenial, berinteraksi dengan lingkungan dan organisasi kepemudaan untuk membentuk citra sebagai representase milenial. Hal ini tentu memberikan dampak yang besar bagi keberhasilan Nasdem meraih suara tertinggi
Kata Kunci: Partai Nasdem, Marketing Politik, Strategi Politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:29
Last Modified: 11 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7869

Actions (login required)

View Item
View Item