RIADY, ANDI ARHAM (2012) EFEKTIVITAS SERTIFIKASI GURU DI SMP NEGERI 2 WATAMPONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
andiarhamr cover1.jpg
Download (240kB) | Preview
andiarhamr 1-2.pdf
Download (470kB)
andiarhamr dapus.pdf
Download (260kB)
andiarhamr.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (718kB)
Abstract (Abstrak)
Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan dan mempunyai posisi strategis maka setiap usaha peningkatan mutu pendidikan perlu memberikan perhatian besar kepada peningkatan guru baik dalam segi jumlah maupun mutunya. Oleh karena itu, usaha apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional dan berkualitas. Dengan semangat inilah pemerintah mencanangkan program sertifikasi guru, yaitu agar para guru mencapai tahap profesional dalam kinerjanya sebagai agen pembelajaran. Hal ini merupkan amanat UndangUndang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang kemudian dituangkan kedalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas sertifikasi guru di SMP Negeri 2 Watampone. Masalah yang diteliti adalah sejauh mana sasaran dari sertifikasi guru tecapai di SMP Negeri 2 Watampone. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan didukung dengan data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari pengolahan data dan observasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan informasi melalui wawancara dan pada tahap akhir dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum efektifnya sertifikasi guru di SMP Negeri 2 Watampone. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bersertifikat pendidik tidak memenuhi sasaran/tujuan sertifikasi guru seperti yang dikemukakan oleh Bedjo Sujanto yakni meningkatkan mutu dan hasil pendidikan, serta meningkatkan profesionalisme guru yang belum maksimal dan masih banyak kekurangan didalamnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 06:12 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7822 |