Sebrianti, Sebrianti (2021) Analisis Penerapan Model Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Pembelian Tiket ( Studi Kasus : Pelabuhan Pamatata Kab. Kep. Selayar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
A021171543_skripsi cover1.png
Download (79kB) | Preview
A021171543_skripsi 1-2.pdf
Download (850kB)
A021171543_skripsi dp.pdf
Download (392kB)
A021171543_skripsi.pdf
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model antrian dalam mengoptimalkan pelayanan pembelian tiket di Pelabuhan Pamatata Kab. Kep. Selayar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer yang diperoleh
dari hasil observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan menggunakan rumus model (M/M/1). Berdasarkan hasil observasi dan perhitungan menggunakan rumus dari model M/M/1 diketahui pengguna jasa membutuhkan waktu berada dalam antrian adalah selama 10 menit
serta orang dalam antrian sebanyak 6 orang dan ini terjadi pada periode waktu 07.00-08.00 pagi. Alternatif yang dapat menangani masalah pada loket pembelian tiket adalah dengan melakukan perubahan komposisi server menggunakan Multiple Channel System (M/M/s) melalui model ini waktu yang dibutuhkan pengguna jasa di dalam antrian menurun menjadi 1,75 menit, serta orang dalam antrian yang awalnya 6 orang menjadi 1,05 orang, dengan menerapkan alternatif ini kinerja sistem antrian di loket pembelian dapat lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 03:13 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7581 |