TURN TAKING STRATEGIES USED IN THE SECOND PRESIDENTIAL DEBATE BETWEEN HILLARY CLINTON AND DONALD TRUMP


SAPUTRA, RICKY (2021) TURN TAKING STRATEGIES USED IN THE SECOND PRESIDENTIAL DEBATE BETWEEN HILLARY CLINTON AND DONALD TRUMP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of over]
Preview
Image (over)
F041171022_skripsi cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171022_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171022_skripsi dp.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171022_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RICKY SAPUTRA. Strategi Pergantian Berbicara Yang Digunakan Dalam Debat Capres Kedua Antara Hillary Clinton dan Donald Trump. (Dibimbing oleh Marleny Rajuni dan Nadira Mahaseng).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi turn taking dalam debat calon presiden kedua antara Hillary Clinton dan Donald Trump tahun 2016 di Las Vegas, dimana setiap kandidat menggunakan strategi tersebut untuk membuat percakapan berjalan dengan baik. Dalam hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi jenis-jenis strategi turn taking dalam debat presiden kedua antara Hillary Clinton dan Donald Trump, (2) Untuk mengetahui jenis strategi turn taking yang dominan di debat capres kedua antara Hillary Clinton dan Donald Trump.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Datanya adalah dialog-dialog yang diucapkan peserta debat capres kedua, kemudian diklasifikasikan ke dalam kategori yang sama. Untuk mendapatkan jawaban atas masalah penelitian, penelitian ini menggunakan teori strategi turn taking yang dikemukakan oleh Stenstrom (1994). Ada 3 macam strategi turn taking yaitu strategi taking the turn, strategi holding the turn dan strategi yielding the turn.
Hasil penelitian ini adalah, Pertama, ada tiga puluh satu data yang dikumpulkan dari sampel, data yang dikumpulkan menghasilkan tiga jenis mekanisme giliran berbicara, yaitu taking the turn, holding the turn, dan yielding the turn dan semua jenis yang ditemukan dalam percakapan itu. Kedua, terdapat 31 data yang terdiri dari 23 data taking the turn 7 data holding the turn, dan 1 data yielding the turn ditemukan dalam debat ini. Terakhir, uptakes adalah strategi yang paling sering digunakan oleh peserta debat.
Kata Kunci: Strategi pergantian berbicara, Analisis Wacana, Debat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Oct 2021 00:44
Last Modified: 06 Oct 2021 00:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7516

Actions (login required)

View Item
View Item