ISU MULTIKULTURALISME DALAM IKLAN OLIMPIADE PARIS 2024


LONDONG, MUCHLIS (2021) ISU MULTIKULTURALISME DALAM IKLAN OLIMPIADE PARIS 2024. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F31115305_skripsi COVER1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F31115305_skripsi 1-2.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F31115305_skripsi DP.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F31115305_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mengenai analisis isu multikulturalisme dalam iklan Olimpiade Paris 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu-isu multikulturalisme yang terdapat dalam iklan Olimpiade Paris 2024, dan cara isu-isu multikulturalisme tersebut ditampilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes dengan berusaha menggali makna yang terdapat dalam iklan, dan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tahap penanda, petanda, makna denotasi, dan konotasi. Sumber data penelitian berasal dari akun resmi media sosial Olimpiade Paris 2024 yaitu www.facebook.com/Paris2024.
Hasil penelitian menunjukan bahwa isu-isu multikulturalisme yang terdapat pada iklan Olimpiade Paris 2024 berupa isu ras, gender, agama dan isu sosial lainnya, serta direpresentasikan melalui tanda verbal maupun tanda nonverbal contohnya kata Ensemble, Paritaires dan ditampilkan oleh atlet disabilitas, atlet dengan ras kulit hitam serta putih, atlet dengan gender pria serta wanita, dan atlet yang merepresentasikan perbedaan agama.
Kata kunci: multikulturalisme, iklan, olimpiade paris 2024, semiotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:26
Last Modified: 05 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7449

Actions (login required)

View Item
View Item