LECTURERS AND STUDENTS CHALLENGES AND PERCEPTION OF ONLINE READING CLASSROOM DURING COVID-19 PANDEMIC IN BASIC GENERAL COURSE ENGLISH MKU HASANUDDIN UNIVERSITY


AMRAN, DYNA FAUSIA (2021) LECTURERS AND STUDENTS CHALLENGES AND PERCEPTION OF ONLINE READING CLASSROOM DURING COVID-19 PANDEMIC IN BASIC GENERAL COURSE ENGLISH MKU HASANUDDIN UNIVERSITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022192007_tesis cover1.png

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022192007_tesis 1-2.pdf

Download (824kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022192007_tesis dp.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022192007_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

DYNA FAUSIA AMRAN. Masalah-Masalah Manajemen Kelas Membaca Daring selama Pandemi COVID-19 di Mata Kuliah Bahasa Inggris Umum MKU Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Abidin Pammu dan Harlinah Sahib)
Studi ini bertujuan untuk memahami permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa pada kelas reading daring selama pandemic COVID-19. Oleh karena itu, studi ini memiliki tiga tujuan. Dua tujuan pertama adalah untuk menemukan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh dosen dalam mengatur kelas reading daring dan untuk menemukan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa pada kelas reading daring. Tujuan terakhir adalah untuk menemukan persepsi dosen dan mahasiswa terhadap kelas reading daring.
Tujuan-tujuan dari studi bermetode campuran ini diperoleh dengan menyebarkan kuisioner dan melakukan wawancara. Kuisioner terdiri dari 40 pertanyaan dengan tujuan menemukan persepsi dosen dan mahasiswa, sedangkan daftar pertanyaan wawancara terdiri dari 10 pertanyaan dengan tujuan menemukan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa. 7 dosen dan 195 mahasiswa diambil sebagai populasi penelitian ini. Data yang diperoleh yang berkesesuaian dengan tujuan pertama dan kedua dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, sedangkan data untuk tujuan ketiga dianalisis secara kualitatif saja.
Temuan studi menunjukkan bahwa empat tantangan dihadapi oleh dosen dalam kelas reading daring. Tantangan-tantangan tersebut adalah tantangan dalam persiapan, masalah-masalah teknis, kurangnya focus dan partisipasi mahasiswa, dan keterbatasan akses mahasiswa terhadap media pengajaran. Demikian pula, mahasiswa mengalami empat tantangan yaitu kurangnya motivasi, ketidakmampuan berinteraksi dengan rekan mahasiswa, ketidakmampuan untuk focus, dan masalah-masalah teknis. Terakhir, baik dosen dan mahasiswa memiliki persepsi dan sikap yang positif terhadap kelas membaca daring.
Kata kunci: kelas reading, pembelajaran daring, pandemic

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:15
Last Modified: 05 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7440

Actions (login required)

View Item
View Item