Analisis Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen (Studi Kasus Pada PT. Rapid Tirta Sejahtera)


Isfani, Fadliah (2021) Analisis Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen (Studi Kasus Pada PT. Rapid Tirta Sejahtera). Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D22116313_skripsi cover1.png

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of full text] Text (full text)
D22116313_skripsi 1-2.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D22116313_skripsi dp.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D22116313_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

PT. Rapid Tirta Sejahtera adalah salah satu produsen air minum dalam kemasan dengan merek Rapid Demineral Water. PT. Rapid Tirta Sejahtera memproduksi air minum dalam kemasan cup (220 ml) lebih banyak daripada kemasan botol (330 ml dan 550 ml) serta galon (19 Liter), dan masih ditemukan produk yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis cacat produk, menganalisis kapabilitas proses produksi dan memberikan rekomendasi perbaikan dengan menggunakan metode Six Sigma dan Kaizen. Objek penelitian ini adalah air minum dalam kemasan cup 220 ml, data jumlah produksi dan jumlah cacat yang diolah yaitu tahun 2019 dan 2020.
Berdasarkan diagram pareto, jenis cacat produk yang dominan yaitu cacat cup penyok (39,84%), lid miring (17,15%), dan volume kurang (12,85%). Hasil dari perhitungan control chart, data yang diperoleh tidak seluruhnya berada dalam batas kendali sehingga perlu dilakukan perbaikan. Kemudian hasil perhitungan kapabilitas proses, rata – rata nilai sigma produksi air minum dalam kemasan cup 220 ml pada PT. Rapid Tirta Sejahtera sebesar 4.83 dengan kemungkinan cacat sebesar 434 pcs per satu juta produksi. Dari analisis tree diagram, faktor penyebab produk cacat berasal dari faktor manusia, mesin, dan material. Untuk upaya perbaikan dari permasalahan tersebut, maka direkomendasikan continuous improvement dengan metode Kaizen 5W+1H dan five step plan atau 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:53
Last Modified: 04 Oct 2021 05:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7290

Actions (login required)

View Item
View Item