ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN ANALYSIS) PEMASARAN KAIN SUTERA SERAT ALAMI


Rumengan, Gisela Ulci (2021) ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN ANALYSIS) PEMASARAN KAIN SUTERA SERAT ALAMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D22116011_skripsi cover1.png

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D22116011_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D22116011_skripsi dp.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D22116011_skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Persuteraan alam merupakan salah satu sektor pertanian yang memberikan sumbangsi terhadap perkembangan ekonomi nasional, khususnya dalam bidang tekstil yaitu produk kain sutera. Pertumbuhan industri tekstil yang terus melaju menyebabkan kenaikan permintaan kain sutera semakin meningkat di pasaran. Hal ini dapat menjadi peluang besar bagi pengembangan kain sutera serat alami, namun faktanya kain sutera tidak mampu merespon peluang pasar dan malah mengalami penurunan tajam pada tahun 2014 sebanyak 10 ton, tahun 2015 sebanyak 8 ton, tahun 2016 sebesar 4 ton, tahun 2017 sebesar 2,5 ton, dan tahun 2018 sebesar 2,5 ton. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi, menganalisis, dan memberikan usulan strategi pemasaran rantai nilai kain sutera serat alami, agar diketahui kendala yang menyebabkan kain sutera serat alami tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Metode yang digunakan agar tujuan penelitian tercapai adalah Value Chain Analysis untuk mengidentifikasi setiap kegiatan-kegiatan pelaku yang berpengaruh kepemasaran kain sutera serat alami. Masalah pemasaran yang ditemui diselesaikan dengan bantuan General Electric (GE) Matrix Mckinsey.

Hasil penelitian menggunakan Value Chain Analysis diketahui 4 pelaku utama yaitu petani, pengepul, penenun, dan pedagang toko kain sutera. Metode Value Chain Analysis pada pedagang toko kain sutera dipadukan dengan General Electric (GE) Matrix Mckinsey untuk menganalisis posisi pasar kain sutera serat alami. Hasil yang didapatkan adalah margin petani 22,10%, pengepul 10,34%, penenun 12,88%, dan pedagang toko kain sutera 50,94%. Posisi pasar kain sutera serat alami menggunakan General Electric (GE) Matrix Mckinsey berada pada kuadran V atau tingkat medium di mana diperlukan peningkatan agar mampu bertahan dan bersaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:46
Last Modified: 12 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item
View Item