ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA IKAN MAS(Cyprinus carpio)BERBASIS AGRIBISNIS DI DISTRIK MUARA TAMI KOTA JAYAPURA


STEFFEN, JOE FRAZIER (2009) ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA IKAN MAS(Cyprinus carpio)BERBASIS AGRIBISNIS DI DISTRIK MUARA TAMI KOTA JAYAPURA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
joefrazier-396-1-ps0405 cover.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
joefrazier-396-1-ps0405 1-2.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
joefrazier-396-1-ps0405 dapus-lam.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
joefrazier-396-1-ps0405.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Distrik Muara Tami adalah sentra pengembangan perikanan darat di kota Jayapura, antara lain komoditi Ikan Mas. Di lain pihak pengembangan komoditi ini, diperhadapkan dengan permasalahan produktivitas dan pendapatan usaha. Laju peningkatan jumlah penduduk yang berkorelasi dengan peningkatan pangan protein masyarakat, produksi penangkapan ikan laut yang tidak menentu menjadi dasar landasan pelaksanaan penelitian ini.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji 1) tingkat kelayakan ikan mas berbasis agrbisnis, 2) rantai pemasaran ikan mas, dan 3) faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengembangan agribisnis ikan mas. Penelitian dilaksanakan di Muara Tami, Kota Jayapura sebagai sentra produksi ikan mas. Metode penelitian adalah survey pada 20 responden yang dipilih secara acak sederhana. Data Primer dikumpulkan dengan metode wawancara menggunakan kuesioner serta pengamatan lapangan langsung. Analisis data menggunakan analisis usahatani (R/C rasio), analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha ikan mas di wilayah Distrik Muara Tami terdiri dari usaha pembenihan, pembesaran dan pemancingan dan kesemua usaha ini layak dikembangkan dengan nilai efisiensi tertinggi dalah pada skala 1-2 ha, Efisiensi tertinggi pada usaha pembenihan terjadi pada skala usaha 0,5 ha (R/C 2,06), 2) Kesenjangan pendapatan antara produsen/pengusaha dan dunia usaha/pedagang sebesar 49persen menggambarkan bahwa margin pemasaran ikan mas masih efisien. Dan, 3) Faktor –faktor utama yang menunjang dalam pengembangan agribisnis ikan mas di Muara tami adalah pola kemitraan dan dukungan kebijakan pemerintah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:21
Last Modified: 04 Oct 2021 05:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/7253

Actions (login required)

View Item
View Item