PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN INOVASI LAYANAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS HASANUDDIN


Thalib, Alqarama Mahardhika (2020) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN INOVASI LAYANAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS HASANUDDIN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181118_tesis_12-11-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181118_tesis_12-11-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181118_tesis_12-11-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (967kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181118_tesis_12-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan dunia usaha layanan jasa kesehatan begitu pesat menyebabkan persaingan antar rumah sakit semakin ketat, sehingga rumah sakit dituntut untuk meningkatkan inovasi layanannya guna bersaing di era sekarang ini. Karakter rumah sakit sebagai industrI yang padat sumber daya diharapkan memiliki knowledge management yang baik agar informasi yang terdapat di rumah sakit dapat dikelola untuk mewujudkan tujuan Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management terhadap peningkatan inovasi layanan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Hasanuddin Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Hasanuddin sebanyak 51 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh knowledge generation terhadap peningkatan inovasi layanan (p=0,000), ada pengaruh knowledge storage terhadap peningkatan inovasi layanan (p=0,000), ada pengaruh knowledge diffusion terhadap peningkatan inovasi layanan (p=0,000), dan ada pengaruh knowledge application terhadap peningkatan inovasi layanan (p=0,000) Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit agar memperhatikan daya saing kinerja pegawai agar dapat menimbulkan daya saing untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki serta lebih memperhatikan insentif agar mendorong pegawai untuk melindungi informasi di rumah sakit.
Kata Kunci : Knowledge Management, Knowledge Generation, Knowledge Diffusion, Knowledge Application, Inovasi Layanan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:21
Last Modified: 10 Dec 2020 01:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item
View Item