HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR


Nirwana, Nirwana (2020) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116029_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116029_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116029_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116029_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Loyalitas pasien merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh pasien yang menggambarkan kesetiaannya untuk tetap menggunakan jasa pelayanan kesehatan secara berulang di Puskesmas. Pada Puskesmas Kassi-Kassi masih ada yang kurang dalam hal pelayanan kesehatan yang dapat mempengaruhi loyalitas pasien, contohnya kurangnya rasa empati petugas kesehatan terhadap pasien, kurang cepat dan kurang tanggap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), sikap (emphaty) dengan loyalitas pasien rawat inap di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 750 pasien dengan jumlah sampel yaitu 86 responden. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh variabel kualitas pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan loyalitas pasien rawat inap di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar yaitu kehandalan (p=0,000), daya tanggap (p=0,013), dan sikap (p=0,004). Sedangkan variabel kualitas pelayanan kesehatan yang tidak memiliki hubungan dengan loyalitas pasien rawat inap di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar yaitu bukti fisik (p=0,058) dan jaminan (p=0,107). Saran kepada petugas kesehatan agar lebih ramah dan sopan dalam melayani pasien rawat inap di Puskesmas Kassi-Kassi Kota Makassar, dan diharapkan agar pihak Puskesmas melengkapi peralatan yang kurang ditiap ruangan rawat inap serta lebih meningkatkan rasa kepedulian terhadap pasien agar pasien merasa lebih diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Dec 2020 01:03
Last Modified: 10 Dec 2020 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item
View Item