EVALUASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIK DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN


Winarto, Victoria Furtuna (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIK DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C051171336_skripsi COVER1.png

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C051171336_skripsi 1-2.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C051171336_skripsi DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C051171336_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring termasuk kegiatan praktik laboratorium. Tujuan Penelitian: Untuk mengevaluasi pelaksanaan proses pembelajaran keterampilan klinik di laboratorium pada mahasiswa keperawatan selama masa pandemi Covid-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional pada 175 mahasiswa yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan program SPSS 26.
Hasil: Hasil pelaksanaan proses pembelajaran keterampilan klinik di laboratorium secara keseluruhan memiliki nilai mean (95,43) yang kurang dari nilai maksimal 132. Kategori lingkungan fisik nilai mean (10,51), durasi praktik nilai mean (13,11), pengaturan sesi nilai mean (14,22), performa pembimbing nilai mean (11,84), sikap pembimbing nilai mean (18,15), kegunaan keterampilan klinik, nilai mean (17,93) dan penguasaan keterampilan klinik nilai mean (9,68). Hasil uji beda mean Kruskal-Wallis pelaksaanaan laboratorium keterampilan klinik berdasarkan tahun angkatan dan jumlah mata kuliah yang memiliki CSL diperoleh p value 0,285 dan 0,319.
Kesimpulan dan saran: Pelaksanaan proses pembelajaran keterampilan klinik di laboratorium belum sepenuhnya terlaksana secara optimal sehingga penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran laboratorium keterampilan klinik dengan menggunakan metode yang lebih interaktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:07
Last Modified: 22 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item
View Item