PENGALAMAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19


HUSAIN, NELYANTHI AR. (2021) PENGALAMAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011191073_skripsi cover1.png

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011191073_skripsi 1-2.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011191073_skripsi dp.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011191073_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nelyanthi AR.Husain. R011191073. PENGALAMAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19
Latar Belakang : Covid-19 (Coronavirus Disease-19) merupakan virus yang menyebar dengan cepat di beberapa negara termasuk Indonesia yang berakibat pada pembatasan berbagai aktivitas termasuk di antaranya sekolah. Pelaksanaan kebijakan pendidikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengharuskan guru dan murid untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah dari jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi. Peran orang tua dalam membantu pelaksanaan pembelajaran anak selama belajar dari rumah menjadi sangat intensif. Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing namun perannya menjadi meluas yaitu sebagai pendamping pendidikan akademik.
Tujuan Penelitian : Tereksplorasi pengalaman orang tua selama proses pembelajaran dari rumah saat pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una Provinsi Sulawesi Tengah.
Metode : Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui teknik wawancara in depth interview. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dipilih dengan cara purposive sampling.
Hasil : Hasil analisis tema yaitu (1) Keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar (2) Permasalahan orang tua dalam mengasuh anak (3) Pola perilaku sebelum dan saat pandemi (4) Pola karakteristik anak sebelum dan saat pandemi
Kesimpulan dan saran : Keterlibatan orang tua semakin meningkat, karena selain melakukan tugas pada biasanya, orang tua pun sekaligus menjadi pembimbing anak atau guru kedua bagi anak saat melaksanakan pembelajaran secara daring dan sesuai dengan tanggung jawab sebagai orang tua. Saran : Hasil penelitian ini diharapkan orang tua memberikan dorongan kepada anak untuk terus belajar dan meningkatkan peran serta untuk membimbing dan mengarahkan untuk lebih berpotensi dalam pendidikan dimasa pandemi saat ini.
Kata kunci : Pengalaman orang tua, Pendampingan belajar dari rumah,Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:48
Last Modified: 21 Sep 2021 03:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6658

Actions (login required)

View Item
View Item