Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas antang kota makassar tahun 2020


Purnamasari, Wulan (2020) Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas antang kota makassar tahun 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116009_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116009_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf

Download (792kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116009_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116009_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kepuasan pasien merupakan salah satu elemen penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dengan mengukur respon pasien setelah menerima jasa layanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien juga bergantung pada kualitas pelayanan yang ditawarkan dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan faktor dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, kenyamanan, hubungan antar manusia, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Antang Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Jumlah populasi pada penelitian ini yakni sebanyak 41.124 responden. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh variabel yang berhubungan dengan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Antang Kota Makassar adalah kenyamanan (p=0,003) dan ketepatan waktu (p=0,009). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Antang yaitu kompetensi teknis (p= 0,177), akses terhadap pelayanan (p=0,073), dan hubungan antar manusia (p=1,000). Saran kepada petugas kesehatan agar lebih ramah dalam melayani pasien, serta diharapkan kepada semua pihak yang ada di puskesmas Antang untuk menjaga kebersihan lingkungan dan toilet. Selain itu diharapkan petugas kesehatan konsisten terhadap waktu pelayanan terhadap pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Dec 2020 00:58
Last Modified: 06 Nov 2024 04:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item
View Item