Korelasi Parenting Stress dengan Parenting Self Efficacy Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Kota Makassar


Afni, Nur (2021) Korelasi Parenting Stress dengan Parenting Self Efficacy Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Kota Makassar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C051171004_skripsi cover1.png

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C051171004_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C051171004_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C051171004_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Kementerian pendidikan Indonesia mengeluarkan kebijakan pendidikan sistem pembelajaran jarak jauh dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Orang tua mengalami kesulitan dalam pendampingan anak mengikuti proses belajar dari rumah dikarenakan sulit membagi waktu antara pekerjaan rumah dengan mendampingi anak dalam proses belajar dari rumah. Kondisi krisis seperti ini memicu terjadinya stres. Banyaknya kasus kekerasan pada anak selama masa pandemi Covid-19 salah satunya kekerasan fisik pada anak sekolah dasar. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya efikasi diri pengasuhan pada orang tua. Parenting self efficacy yang rendah berhubungan dengan perilaku kekerasan yang dilakukan ini terhadap anaknya.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui korelasi parenting stres dengan parenting self efficacy orang tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh pada anak sekolah dasar di masa pandemi covid-19 kota Makassar.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain korelasi dengan menggunakan pendekatakan cross sectional. Instrument yang digunakan untuk mengukur parenting stress orang tua adalah kuesioner Parenting Stress Indeks – Short From (PSI-SF) dan untuk mnegukur parenting self efficacy orang tua adalah kuesioner Self Efficacy for Parenting Task Index (SEPTI), yang dibagikan secara daring dalam bentuk google form. Pengambil sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 288 orang.

Hasil : Hasil penelitian mayoritas responden mengalami parenting stress cukup tinggi, yakni sejumlah 193 orang (84.6%) sedangkan untuk parenting self efficacy efficacy mayoritas berada di tingkat cukup rendah, yakni 195 orang (85.5%). Rerata skor untuk parenting stress seluruh responden adalah 104.24 dan skor Parenting Self Efficacy adalah 76.95. Berdasarkan hasil Uji Spearman diperoleh nilai p = 0.000, yang berarti terdapat korelasi dengan nilai koefisien korelasinya sebesar – 0.718 yang bernilai negative yang berarti hubungan kedua variabel sifatnya berlawanan arah, yang artinya semakin tinggi parenting stress maka semakin rendah self efficacy orang tua.

Kesimpulan : Terdapat korelasi antara parenting Stress dengan Parenting Self Efficacy Orang Tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh pada anak sekolah dasar di masa pandemik covid-19 kota Makassar, dan sifatnya berlawanan arah yang berarti semakin tinggi parenting stress maka semakin rendah self efficacy orang tua. Sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pengembangan dan lebih memfokuskan cara mengatasi atau solusi untuk mengendalikan dan mengatasi masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 16 Sep 2021 00:52
Last Modified: 16 Sep 2021 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item
View Item