PERAN FAMILY INTERVENTION DALAM MENGONTROL GULA DARAH PADA PENYANDANG DIABETES MELLITUS : A SCOPING REVIEW


ASRI, INDRA JUNSEN (2021) PERAN FAMILY INTERVENTION DALAM MENGONTROL GULA DARAH PADA PENYANDANG DIABETES MELLITUS : A SCOPING REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012172007_tesis cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012172007_tesis 1-2.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012172007_tesis dp.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012172007_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Indra Junsen Asri. Peran Family Intervention Dalam Mengontrol Gula Darah Pada Penyandang Diabetes Mellitus : A Scoping Review (Dibimbing Oleh Elly L. Sjattar dan Andi Masyitha Irwan)
Penenelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menggambarkan peran Family Intervetion dalam mengontrol gula darah pada penyandang Diabetes Mellitus (DM).
Penelitian ini menggunakan beberapa database seperti Pubmed, Proquest, Sage Journal, Clinicalkey Nursing, Science Direct, Cohrane, Ebscohost, Willey, Gray Literature, Portal Garuda. Melalui basis data elektronik tersebut, sebanyak 653 artikel yang teridentifikasi termasuk skrining literatur dalam 10 tahun terakhir. Kemudian di eksklusi untuk artikel yang tidak sesuai dengan pertanyaan penelitian sebanyak 628 artikel dan menghasilkan 25 artikel. Selanjutnya di skrining kembali diperoleh 9 artikel yang bukan full text dan 4 artikel bukan berbahasa inggris sehingga diperoleh 12 artikel. Kemudian dieksklusi untuk artikel yang bukan hasil penelitian sebanyak 2 artikel dan di dapatkan hasil akhir skrining sebanyak 10 artikel.
Hasil penelitian menunjukkan dari sepuluh artikel yang di ulas, diperoleh empat artikel dengan desain RCT (Randomized Control Trial), empat artikel dengan desain Quasi Experimental dan dua artikel dengan desain Deskriptif Korelasi. Family Intervention yang digunakan seperti Kepatuhan minum obat, aktivtas fisik, Mengelola diet makanan, Dukungan sosial, terapi Insulin, Manajemen stres, Pendidikan Kesehatan, Pemantauan gula darah. Family Intervention tersebut dilakukan oleh keluarga yang sebelumnya mendapatkan pendidikan dan arahan dari peneliti setiap artikel. Scoping Review ini melaporkan hasil Family Intervention yang sangat baik diterapkan oleh keluarga dalam melakukan perannya terhadap Penyandang DM. Walaupun terdapat satu artikel dengan hasil penelitian yang kurang bagus namun Sembilan artikel yang lainnya melapokan hasil yang sangat baik.
Kata Kunci : Diabetes Mellitus, Family Intervention, Glycemic Control

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:38
Last Modified: 13 Sep 2021 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item
View Item