IDENTIFIKASI PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PENGGUNAAN ALAS KAKI YANG TEPAT PADA PASIEN BERESIKO LUKA KAKI DIABETES DIKOMUNITAS


NIKMA, NIKMA (2021) IDENTIFIKASI PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PENGGUNAAN ALAS KAKI YANG TEPAT PADA PASIEN BERESIKO LUKA KAKI DIABETES DIKOMUNITAS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011191040_skripsi COVER1.png

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011191040_skripsi 1-2.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011191040_skripsi DP.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011191040_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nikma: R011191040 Identifikasi pengetahuan perawat tentang penggunaan alas kaki yang tepat pada pasien beresiko luka kaki diabetes di komunitas, dibimbing oleh Saldy Yusuf, S.Kep Ns.,MHS.,Ph.D dan Andi Fajrin Permana, S.Kep.,Ns.,MSc.
Latar Belakang: Penderita DM kronik berisiko mengalami komplikasi diabetes. Salah satu komplikasi DM adalah LKD dan salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan alas kaki yang tidak tepat, ditambah lagi dengan adanya neuropati perifer, keterbatasan sendi serta deformitas atau kelainan bentuk kaki.Persentase penderita diabetes mellitus di dunia diperkirakan akan meningkat pada tahun 2030 sebesar 10,2% (578 juta orang).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan perawat yang bekerja di Puskesmas yang ada di kabupaten Tojo Una – Una tentang penggunaan alas kaki yang tepat untuk pasien beresiko terjadinya luka kaki diabetes.
Metode: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari 29 item pernyataan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 135 orang dari 204 orang populasi perawat yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una dengan menggunakan teknik Accidental sampling.
Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan perawat tentang topik penggunaan alas kaki yang tepat untuk pasien DM, perawat dengan tingkat pendidikan Ners maupun DIII keperawatan memiliki pengetahuan yang baik (16.38±1.620). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan perawat tentang penggunaan alas kaki, perawat yang memiliki sertifikat wound maupun yang belum memiliki serifikat memiliki pengetahuan yang baik tentang penggunaan alas kaki (7.50±1.723).
Kesimpulan dan Saran: Mayoritas responden memiliki pengetahuan baik tentang penggunaan alas kaki yang tepat pada pasien beresiko LKD. Puskesmas sebagai tempat penyelenggara kesehatan masyarakat yang lebih mengutamakan upaya promotif dan prefentif diharapkan untuk lebih meningkatkan dan terus menperbaharui pengetahuan tenaga kesehatan khususnya perawat melalui pelatihan maupun seminar tentang luka DM sehingga dapat berbagi informasi kepada rekan sejawat lain. .
Kata Kunci: Diabetes Melitus (DM), luka Kaki Diabetes (LKD), Alas Kaki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Sep 2021 00:33
Last Modified: 07 Sep 2021 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item
View Item