SETIANINGSIH, FANY (2020) ANALISIS UNIT USAHA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) LAHAN SAWAH DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
20_L24116501_Cover1.jpg
Download (5kB) | Preview
20_L24116501(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf
Download (351kB)
20_L24116501(FILEminimizer)_1-2.pdf
Download (356kB)
20_L24116501(FILEminimizer) .......................... ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (716kB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui proses pembesaran, bentuk pemasaran, margin pemasaran, dan Biaya, Keuntungan serta kelayakan pemasaran pada pembesaran ikan nila (oreochromis niloticus) di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2020. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi di lapangan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan digunakan sebagai data pokok. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Simple Random Sampling yang merupakan cara pemilihan sampel dimana anggota dari populasi dipilih satu persatu secara acak sehingga semua anggota populasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk dipilih, dengan cara undian. Analisis data yang digunakan adalah analisis Usaha, Biaya, Keuntungan dan kelayakan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu proses pembesaran ikan nila adalah proses pengeringan dasar kolam, pembajakan permukaan tanah, pemupukan, pengisian air, penebaran benih, pemeliharaan dan panen. Biaya total rata-rata yang dikeluarkan petani ikan untuk usaha pembesaran ikan nila di lahan sawah sebesar Rp 121.312.082. Rata-rata penerimaan yang diperoleh petani ikan selama satu kali proses pembesaran ikan nila adalah sebesar Rp 151.875.000 sehingga rata-rata keuntungan yang diperoleh petani ikan selama satu kali proses pembesaran ikan nila sebesar Rp 30.562.918. Jika rata-rata keuntungan yang diperoleh petani ikan selama satu kali proses pembesaran dibagi dengan masa panen 4 bulan yaitu sebesar Rp 7.640.729 dengan nilai R/C Ratio sebesar 1,25. Bentuk saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I dari petani tambak, ke pedagang pengecer sampai ke konsumen akhir, untuk saluran pemasaran II yaitu dari petani tambak melalui pengumpul kemudian melalui pedagang pengecer lalu dijual kepada konsumen akhir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 21:32 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/615 |