PERANAN MODAL SOSIAL DALAM USAHATANI KENTANG (Studi Kasus di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan)


SARI, ANDI KUMALA (2021) PERANAN MODAL SOSIAL DALAM USAHATANI KENTANG (Studi Kasus di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116502_skripsi cover1.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116502_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116502_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116502_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Peran modal sosial terdiri dari tiga antara lain Sharing Information atau berbagi informasi yaitu tindakan setiap individu dalam menyampaikan informasi yang tepat. Coordinating Activites yaitu dimana setiap individu mengkoordinasikan segala aktivitas atau pekerjaan yang sedang atau akan dijalani, dan Making Collective Decision yaitu dimana setiap individu akan membuat keputusan secara bersama-sama. Modal sosial terhadap usahatani kentang merupakan suatu jejaring hubungan yang terbentuk pada orang-orang yang mengusahatani kentang, yang nantinya jejaring hubungan tersebut dapat memberi manfaat dan tujuan bersama.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem penanaman kentang serta peranan modal sosial dalam masyarakat tani kentang di Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode analisis kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan sistem penanaman serta peranan modal sosial. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penanaman kentang yang diaplikasikan oleh masyarakat tani menggunakan sistem tanam tumpangsari dan monokultur. Modal sosial memiliki peran terhadap masyarakat tani yang mengusahakan komoditi kentang dapat dilihat dengan terjalinnya interaksi yang baik sesuai dengan unsur-unsur modal sosial sehingga memudahkan masyarakat tani dalam proses budidaya hingga pasca panen.
Kata Kunci : Unsur-unsur modal sosial, Peranan modal sosial, Usahatani kentang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:31
Last Modified: 30 Aug 2021 06:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5964

Actions (login required)

View Item
View Item