AN ANALYSIS ON HIERARCHY OF HUMAN NEEDS OF THE MAIN CHARACTER IN CHARLOTTE’S WEB BY E.B WHITE


ZULHANA, ZULHANA (2021) AN ANALYSIS ON HIERARCHY OF HUMAN NEEDS OF THE MAIN CHARACTER IN CHARLOTTE’S WEB BY E.B WHITE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171319_skripsi cover1.png

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171319_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171319_skripsi dp.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171319_skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ZULHANA. Analisis Hirarki kebutuhan manusia dari karakter utama dalam charlotte's web oleh E.B White. (dibimbing oleh Dr. Abidin Pammu, M.A., Dipl.TESOL. dan Sitti Sahraeny, S.S., M.Appling)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hierarki kebutuhan manusia pada tokoh utama yaitu Wilbur dalam novel Charlotte's Web karya E.B White dengan menggunakan teori Abraham Maslow (1943) dan mengidentifikasi kebutuhan dominan Wilbur.
Penulis menggunakan pendekatan psikologis. Data dikumpulkan melalui pembacaan novel secara komprehensif, penyorotan, dan pengklasifikasian kata, kalimat, dan dialog dalam novel yang berkaitan dengan kebutuhan manusia, dan menganalisisnya dengan teori Maslow tentang teori hierarki kebutuhan manusia. Selain itu, skripsi ini juga menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama berasal dari novel Charlotte Web yang diterbitkan pada tahun 1952 oleh HarperCollins.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis telah menemukan lima tingkat kebutuhan Wilbur dengan menggunakan teori kebutuhan Abraham Maslow, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan memiliki, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri. penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebutuhan Wilbur dipenuhi oleh orang lain. Kebutuhan manusia Wilbur terpenuhi oleh mereka yang berada di dekatnya, seperti Charlotte, Templeton, Goose, dan Fern. Kemudian, peneliti menemukan bahwa kebutuhan manusia yang paling dominan dari Wilbur dalam novel web Charlotte adalah kebutuhan keamanan.
Key words: Hirarki kebutuhan manusia ,karakter utama, psychologi,analisis psycholog

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:21
Last Modified: 17 May 2024 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item
View Item