TINDAK TUTUR EKSPRESIF PADA PODCAST SANDIAGA UNO DI YOUTUBE: TINJAUAN PRAGMATIK


Almasita, Sriainun (2021) TINDAK TUTUR EKSPRESIF PADA PODCAST SANDIAGA UNO DI YOUTUBE: TINJAUAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F011171001_skripsi cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
F011171001_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F011171001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
F011171001_skripsi dp.pdf

Download (453kB)

Abstract (Abstrak)

SRIAINUN ALMASITA. Tindak Tutur Ekspresif pada Podcast Sandiaga Uno di YouTube: Tinjauan Pragmatik (dibimbing oleh Lukman dan AB Takko Bandung).
Penelitian ini bertujuan (a) menjelaskan wujud tindak tutur ekspresif yang digunakan pada podcast Sandiaga Uno di YouTube dan (b) menganalisis wujud tindak tutur ekspresif yang dominan yang digunakan pada podcast Sandiaga Uno di YouTube.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Data dari penelitian ini bersumber dari YouTube pada acara podcast Sandiaga Uno. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Populasi dalam penelitian ini ditemukan sebanyak 72 data dan sampel yang digunakan sebanyak 29 data dengan cara purposif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wujud tindak tutur ekpresif pada podcast Sandiaga Uno di YouTube memiliki beberapa jenis, yaitu mengucapkan terima kasih, memuji, mengkritik, bercanda, menyalahkan, menyapa, meminta maaf, mengeluh, menilai, mengucapkan selamat, mengungkapkan rasa malu, dan mengungkapkan rasa simpati. Adapun wujud tindak tutur ekspresif yang dominan digunakan yaitu tindak tutur ekspresif memuji dan menilai karena Sandiaga Uno sering mengungkap pembahasan yang penuh inovasi dan menjadi insprasi bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tindak tutur ekspresif, podcast Sandiaga Uno, pragmatik.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:59
Last Modified: 24 Aug 2021 01:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item
View Item