ANALISIS STRUKTUR POROS KEMUDI KAPAL PERINTIS SABUK NUSANTARA


RAMADHANI, ANNISA FITRAH (2021) ANALISIS STRUKTUR POROS KEMUDI KAPAL PERINTIS SABUK NUSANTARA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116022_skripsi cover1.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116022_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116022_skripsi dp.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116022_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal sabuk nusantara merupakan kapal perintis milik kementerian perhubungan, dimana saat melaksanakan tugas beberapa Kapal Sabuk Nusantara diantaranya terdapat masalah pada sistem kemudinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur poros kemudi KM. Sabuk Nusantara dalam konteks tumpuan dan beban yang bekerja, besar beban, dan respon poros kemudi terhadap bebanbeban yang bekerja dari aspek kekuatan. Analisa ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software ANSYS Workbench. Berdasarkan hasil analisis pada poros kemudi diperoleh bahwa semakin besar beban yang diberikan pada poros maka nilai tegangan pun semakin besar, dimana nilai tegangan maksimum terjadi saat penambahan gaya kemudi sebesar 100%. Diperoleh nilai tegangan geser maksimum 16,02 MPa, tegangan normal maksimum 216,11 MPa, dan tegangan von-Mises maksimum 220,19 MPa. Untuk Deformasi sudut puntir maksimum terjadi saat keadaan existing atau penambahan gaya kemudi sebesar 0%, yaitu sebesar 0,18243 rad.
Kata Kunci: Kapal Perintis Sabuk Nusantara, Poros Kemudi, Tegangan, Deformasi Sudut Puntir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:51
Last Modified: 24 Aug 2021 01:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item
View Item